Pengertian Bisnis Autopilot Serta Panduan Sistemnya

pengertian bisnis autopilot

Bisnis autopilot menjadi pembahasan yang menarik sekarang ini. Banyak orang yang mau bisnisnya bisa berjalan autopilot. Namun sangat disayangkan, banyak yang belum tahu sistem bisnis autopilot yang sesuai dengan bisnisnya. Membuat bisnis yang sudah berjalan sebelumnya menjadi autopilot bukanlah hal yang mudah. Lantas, apa pengertian bisnis autopilot sebenarnya?

Pengertian Bisnis Autopilot dan Panduan Sistemnya

pengertian bisnis autopilot

Sederhananya, pengertian bisnis autopilot adalah bisnis yang bisa berjalan sendiri tanpa perlu kehadiran sang pemilik bisnis. Dengan menerapkan bisnis autopilot, pemilik bisnis bisa mempunyai waktu yang lebih luang untuk keluarganya atau bisa fokus pada hobinya, tanpa mengkhawatirkan bisnisnya tidak berjalan optimal. Meski dibilang sulit, tetap ada beberapa model bisnis yang bisa dibuat menjadi autopilot.

Melalui artikel ini, akan dibahas panduan yang bisa digunakan untuk mulai membangun bisnis anda menjadi autopilot.

1. Penguasaan

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memperbaiki masalah yang ada dalam bisnis sehingga jadi terkendali. Anda bisa mulai memetakan masalah-masalah yang butuh perbaikan.

Penguasaan dibagi menjadi 4 fokus utama, yakni:

  • Penguasaan TujuanSeorang pebisnis dituntut untuk bisa mengarahkan bisnisnya. Dalam hal penguasaan tujuan, ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan:
    • Visi bisnis, anda bisa menentukan goal apa yang ingin bisnis anda capai dalam 5 – 10 tahun ke depan.
    • Misi bisnis, buat misi untuk mencapai visi tersebut. Misi ini bisa dibuat untuk kurun waktu yang lebih pendek. Misalnya untuk 1 tahun ke depan. Anda bisa menggunakan konsep SMART yaitu Spesifik, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely.
  • Penguasaan Finansial
    Kondisi keuangan bisnis harus diatur dengan baik, setelah itu dilaporkan dalam bentuk laporan keuangan yang tepat. 3 poin penting dalam laporan keuangan adalah laporan laba/rugi, neraca, dan cashflow.
  • Penguasaan Waktu
    Hal ini berhubungan dengan tingkat produktivitas tim dan karyawannya. Seorang pebisnis harus tau bagaimana produktivitas tim bisa meningkat namun tetap efektif, sehingga bisnis bisa terus berjalan.
  • Penguasaan Pelayanan
    Pelaku bisnis harus memahami bagaimana cara memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Setelah itu, jaga tingkat pelayanan tersebut tetap konsisten di setiap waktu.

2. Niche

Disini pemilik bisnis harus fokus pada marketing bisnis. Setelah semua masalah yang ada sudah diselesaikan, anda bisa mulai meluncurkan produk ke pasar.

Pastikan anda siap untuk menerima hasil dari peluncuran produk tersebut. Kemudian pastikan juga customer selalu puas terhadap produk atau jasa yang anda berikan agar nantinya mereka bisa menjadi loyal customer anda.

Bila perlu, anda bisa mengiklankan produk anda. Iklan harus dibuat semenarik mungkin, sesuai dengan target market anda. Iklankan keunikan dan keunggulan produk atau jasa anda, serta berikan informasi yang jelas mengenai manfaat dari produk atau jasa tersebut.

Hindari perang harga dengan kompetitor. Dengan memberikan manfaat dan keunikan dari produk / jasa anda, anda bisa terhindar dari perang harga. Produk / jasa yang bisa menyelesaikan permasalahan customer akan lebih dicari oleh banyak orang.

Untuk itu, penting sekali bagi anda untuk menonjolkan keunikan, memberikan kualitas yang terbaik, atau bahkan menjadi yang pertama dalam pasar bisnis anda berada.

3. Pengaruh

Agar bisnis anda bisa dirubah menjadi autopilot, anda harus membuat sistem yang kuat. Dalam sistem yang kuat harus meliputi hal-hal berikut:

  • Visi misi, tujuan, KPI, budaya dan kultur bisnis, struktur organisasi yang jelas, SOP, dan manajemen waktu yang efisien.
  • Membangun sistem teknologi, marketing, finansial, dan manusia.
  • Menempatkan orang yang tepat pada posisi yang tepat.
  • Buat bisnis anda jalan bergantung pada sistem, bukan tergantung pada anda selaku pemilik bisnis.

4. Tim yang Kuat

pengertian bisnis autopilot

Setelah semua itu anda lakukan, langkah selanjutnya yang perlu anda jalankan adalah membangun tim yang kuat. Tim ini yang nantinya akan menjalankan sistem yang sudah anda buat sebelumnya. Dalam tim, dibutuhkan kepemimpinan yang kuat, rule of game, action plan, dukungan terhadap risiko, dan keterlibatan tim.

Ketika tim yang kuat berhasil anda bentuk, mulai delegasikan bisnis anda ke tim tersebut sesuai dengan kemampuan masing-masing. Dengan begitu, keterlibatan anda sebagai pemilik bisnis bisa mulai berkurang.

Bangun tim dengan visi misi yang sama dengan anda, agar tim dan bisnis anda bisa saling berjalan selaras.

Untuk mendukung kinerja tim, selanjutnya anda perlu mulai merekrut karyawan. Pastikan anda merekrut karyawan dengan kualitas baik, serta ditempatkan pada posisi yang tepat juga. Agar kinerja mereka bisa maksimal.

Satu hal yang perlu diingat adalah walaupun bisnis sudah diserahkan kepada tim dan karyawan, anda sebagai pemilik bisnis tidak boleh lepas sepenuhnya. Lakukan monitoring dan evaluasi secara berkala agar sistem yang dibuat bisa berjalan efektif. Apakah sistem dan tim yang ada cocok atau tidak, ini bisa anda evaluasi. Bila memang butuh perubahan, anda bisa menyesuaikan sistemnya atau mengubah komposisi timnya.

Baca Juga: Membangun Sistem Bisnis Untuk Apa? Ketahui 8 Alasan Penting Ini! 

Itulah panduan dan pengertian bisnis autopilot yang bisa kami berikan. Anda bisa belajar lebih banyak mengenai pengertian bisnis autopilot ini dengan mengikuti workshop yang diadakan oleh Domo Academy berjudul “Business Autopilot Systemation”. Selain pengertian bisnis autopilot, melalui workshop ini anda akan mendapatkan materi yang berguna bagi bisnis anda supaya bisa dibuat menjadi autopilot. Materi-materi yang akan diajarkan semuanya berdasarkan pengalaman praktisi dan mentor bisnis yang sudah terbukti menciptakan bisnis yang unggul dan sukses, serta bisa berjalan autopilot.

Semuanya akan dibahas secara tuntas oleh Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang. Rahasia dan ilmu yang mereka gunakan selama ini untuk membangun Dokter Mobil, akan dibuka semua dan diajarkan langsung kepada anda. Pengalaman belajar anda akan menjadi lebih menyenangkan dan maksimal tentunya karena anda akan dipandu langsung oleh praktisi berpengalaman.

Dalam 3 hari workshop ini, akan banyak ilmu yang bisa anda dapatkan seputar sistemasi bisnis autopilot. Dari mulai pengertian bisnis autopilot, langkah-langkah yang harus disiapkan, seperti apa eksekusinya, dan bagaimana cara mengevaluasinya. Lengkap dibahas dan dibagikan kepada anda.

Tunggu apalagi, jangan sampai anda melewatkan kesempatan untuk belajar langsung dari mentor dan praktisi bisnis ini. Segera daftarkan diri anda melalui Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini. Alami pengalaman belajar yang luar biasa dan terapkan sistem bisnis yang telah dipelajari ke dalam bisnis anda, agar bisnis anda bisa segera menjadi bisnis autopilot.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang selama ini belum paham betul pengertian bisnis autopilot yang sebenarnya. Semoga lewat panduan sistem yang kami berikan, anda bisa mengubah bisnis anda menjadi bisnis yang berjalan autopilot. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman pebisnis lainnya yang masih belum paham pengertian bisnis autopilot yang sebenarnya dan ingin membuat bisnisnya menjadi autopilot.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6988

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top