6 Cara Mengelola Keuangan Usaha Agar Bisnis Terus Cuan

cara mengelola keuangan usaha - domo academy

Berikut adalah beberapa metode dan tips yang dapat anda gunakan untuk menjalankan bisnis anda. Silakan pertimbangkan langkah dan fase berikut untuk memajukan bisnis anda. Lantas bagaimana cara mengelola keuangan usaha yang dimaksud?

Cara Mengelola Keuangan Usaha Supaya Untung Terus

cara mengelola keuangan usaha - domo academy

1. Lacak Semua Pengeluaran

Tips pertama untuk mengelola keuangan perusahaan anda adalah melacak semua pengeluaran anda seakurat mungkin. Jika anda tidak melakukannya dengan baik, akan sulit untuk mengembangkan semua jenis bisnis.

Dengan mencatat semua pengeluaran anda, anda dapat melacak kemana semua uang yang dikeluarkan. Misalnya, pertimbangkan bagaimana mengelola keuangan toko fisik. Anda perlu mencatat secara rinci semua biaya pembelian berbagai bahan penjualan sehingga anda dapat mengukur berapa keuntungan yang akan anda dapatkan dari setiap barang yang terjual.

Simpan dan siapkan semua bukti pengeluaran untuk memudahkan anda dalam melakukan pencatatan pengeluaran. Akan lebih baik jika bukti pendapatan juga dicatat.

Tujuan utama mencatat semua pengeluaran adalah untuk menghindari adanya selisih. Perbedaan jumlah tidak mengherankan, dan uang yang dikeluarkan biasanya tidak sesuai dengan bukti pengeluaran yang tersedia. Hal ini dapat diatasi dengan melihat bukti pengeluaran. Ini memungkinkan anda melacak semua pergerakan keuangan dengan benar setelah semua biaya dikeluarkan.

2. Buat Prakiraan Keuangan

Cara mengelola keuangan usaha anda selanjutnya adalah dengan membuat prakiraan keuangan. Rencana keuangan yang dimaksud adalah membayangkan berapa biaya yang harus anda keluarkan untuk keperluan bisnis di masa depan.

Pertama, anda dapat menentukan jangka waktu, misalnya, 6 bulan ke depan. Berapa biayanya untuk 6 bulan? Prakiraan keuangan terperinci akan membantu anda mempersiapkan keuangan yang anda butuhkan. Anda dapat memanfaatkan keuntungan yang anda peroleh dengan melakukan reservasi pertama anda.

Membuat pos perbendaharaan itu penting. Pos pertama dapat difokuskan pada kebutuhan mingguan dan bulanan, dan pos kedua dapat difokuskan pada kepentingan lain tergantung pada kebutuhan yang lebih spesifik.

3. Pisahkan Keuangan Pribadi dan Bisnis

Bagi pebisnis pemula, penting untuk diingat bahwa salah satu faktor yang mengganggu keuangan bisnis adalah keuangan pribadi dan keuangan bisnis yang masih menyatu. Dalam keadaan bisnis yang normal dan stabil, efeknya mungkin tidak langsung terasa. Namun, pada saat krisis atau darurat, bercampurnya keuangan pribadi dan perusahaan bisa menyebabkan bisnis jadi berantakan.

Oleh karena itu, cara paling bijak untuk mengelola keuangan bisnis anda adalah dengan memisahkan terlebih dahulu uang pribadi anda dengan uang untuk bisnis anda.
Misalnya, ketika mengelola keuangan usaha kecil, aliran dana ke usaha kecil sangat lambat sehingga sulit untuk melacak keuangan individu. Salah satu tujuan utama dalam memisahkan keuangan pribadi dan keuangan bisnis adalah untuk dapat melacak pergerakan keuangan.

Prinsip dasar pembukuan dan pengelolaan uang adalah pemisahan uang pribadi dan uang bisnis. Apalagi bagi pengusaha yang sedang berpikir untuk memulai bisnis, keuangan tidak boleh berantakan agar bisa dikelola dengan baik.

Anda bisa memisahkan dengan cara buat dua akun keuangan, untuk akun usaha gunakan nama bisnis, dan untuk akun pribadi gunakan nama sesuai identitas. Uang untuk pengembangan bisnis disimpan di akun bisnis dan uang untuk kebutuhan sehari-hari disimpan di akun pribadi. Hasilnya, anda akan lebih mudah melacak semuanya dengan benar dan membuatnya berjalan lancar.

4. Bayar Semua Tagihan Tepat Waktu

Menjadi penting untuk membayar semua faktur tepat waktu karena itu adalah cara anda dapat mengetahui berapa keuntungan yang diperoleh. Untuk mengelola keuangan bisnis anda, anda harus membayar tagihan di muka secara tepat waktu. Jika tagihan tidak dibayar, keuntungan yang anda dapatkan bukanlah keuntungan bersih.

Laba dapat dihitung secara bersih setelah semua tagihan dan biaya tunggakan telah dibayar. Dalam pengelolaan keuangan usaha kecil, ada istilah laba kotor dan laba bersih. Laba kotor adalah pendapatan yang belum dikurangkan dengan pengeluaran, termasuk tagihan. Laba bersih adalah keuntungan sebenarnya yang anda peroleh setelah dipotong berbagai pengeluaran.

5. Hitung Pendapatan dan Keuntungan Secara Detail

cara mengelola keuangan usaha - domo academy

Cara mengelola keuangan usaha selanjutnya adalah melakukan perhitungan pendapatan dan laba secara detail. Bagian ini tidak jauh berbeda dengan poin 1 yang mencatat semua pengeluaran. Perbedaannya terletak pada biaya dan pendapatan.

Gunakan cara ini untuk mengelola keuangan perusahaan anda untuk menghitung setiap pendapatan yang anda peroleh. Kurangi dengan kewajiban yang harus dibayar, dari situ anda akan mendapatkan perhitungan keuntungan murni. Dengan begitu, anda bisa mengetahui secara detail berapa pendapatan dan keuntungan anda.

Dengan cara ini, anda dapat terus mengelola dana bisnis anda untuk menjalankan bisnis dengan baik. Seorang pebisnis yang baik adalah orang yang dapat dengan cermat memahami aliran uang yang terjadi.

6. Minimalkan Biaya Perjalanan

Cara mengelola keuangan usaha yang terakhir untuk mengelola keuangan perusahaan anda adalah dengan meminimalkan pengeluaran anda. Salah satu biaya yang dapat diminimalisir adalah biaya perjalanan. Perjalanan sangat penting untuk alasan bisnis. Tetapi membelanjakan uang untuk bisnis juga penting.

Pentingnya memperhatikan bahan dan mencoba rasa makanan, terutama jika anda berada di industri kuliner, mengharuskan kita untuk bepergian. Namun, itu bisa melebihi biaya perjalanan. Dengan begitu, kita bisa mengelola keuangan bisnis kuliner dengan baik.

Meminimalkan biaya perjalanan dan mengoptimalkan pendapatan untuk pengembangan bisnis penting bagi manajemen keuangan perusahaan untuk membantu bisnis anda terus maju dan berkembang dengan baik.

Baca Juga: 10 Cara Meningkatkan Penjualan Dari Bisnis Anda

Itulah 6 cara mengelola keuangan usaha anda agar bisnis yang anda jalankan terus menghasilkan cuan atau keuntungan. Pelajari lebih lengkap mengenai cara mengelola keuangan usaha dari buku “Business Starting Systemation”. Sebuah buku karya Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang, selaku Founder dan Co-Founder Dokter Mobil.

Dalam buku itu anda akan diajarkan bagaimana cara mendapatkan omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat. Semua ilmu yang dibahas berdasarkan pengalaman penulis membangun Dokter Mobil. Jadi ilmu yang diajarkan sudah terbukti bisa menciptakan bisnis yang unggul dan sukses.

Buku ini sangat cocok untuk pebisnis pemula. Ilmu dan pembahasan yang digunakan semuanya bersifat praktis, artinya bisa langsung anda terapkan ke dalam bisnis yang sedang anda bangun.

Segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang tersedia di kanan bawah halaman ini. Pesan sekarang juga jangan sampai kehabisan!

Semoga artikel cara mengelola keuangan usaha ini bisa bermanfaat untuk anda. Bagikan kepada rekan-rekan yang lainnya agar mereka bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 29711

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top