5 Cara Membuat Konsep Bisnis Sederhana Untuk Pemula

cara membuat konsep bisnis - domo academy

Saat anda ingin memulai berbisnis, jangan langsung mulai begitu saja tanpa persiapan. Ada satu persiapan yang perlu anda lakukan sebelum memulai bisnis yaitu membuat konsep bisnis. Apa itu konsep bisnis? Masih bingung bagaimana cara membuat konsep bisnis?

Lewat artikel ini, kami akan membagikan cara membuat konsep bisnis yang sederhana untuk anda pebisnis yang masih pemula.

Cara Membuat Konsep Bisnis yang Baik dan Benar

cara membuat konsep bisnis - domo academy

Konsep bisnis sangat penting untuk dimiliki, khususnya saat anda awal-awal merintis bisnis. Pada dasarnya, konsep bisnis ini merupakan bentuk perencanaan. Lewat perencanaan yang baik, bisnis yang anda jalankan akan berkembang, mendatangkan banyak customer, bahkan meningkatkan penjualan.

Dengan adanya konsep bisnis, bisnis akan bertumbuh sesuai dengan rencananya, tidak melenceng kemana-mana yang bisa membuat bisnis kehilangan identitasnya.

1. Melakukan Riset Pasar

Sebelum anda mulai merintis bisnis, hal yang sangat penting untuk dilakukan adalah riset pasar. Lakukan riset mendalam terhadap pasar yang nantinya akan menjadi ladang bisnis anda. Riset pasar ini bisa meliputi banyak hal. Sebagai contoh point-point yang bisa anda dapatkan saat melakukan riset pasar:

  1. Seperti apa calon customer anda nantinya, bisa meliputi demografinya, umur, jenis kelamin, tingkat penghasilan, dll.
  2. Apa saja produk / jasa yang saat ini sedang dibutuhkan oleh orang-orang yang mungkin jadi target market anda.
  3. Tren yang mungkin bisa dijadikan referensi untuk calon bisnis anda.

Sebenarnya, masih banyak lagi hal yang bisa anda dapatkan melalui riset pasar ini. Di atas hanya sebagian contoh kecil saja. Oleh sebab itu, diperlukan riset pasar yang mendalam agar anda bisa mendapatkan banyak data, yang nantinya bisa dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan dan panduan anda untuk memulai bisnis.

2. Tentukan Target Pasar

Setelah anda melakukan riset pasar, seharusnya anda sudah mengetahui kira-kira siapa saja yang menjadi calon customer anda. Disini, anda perlu lebih lagi membuat target itu jadi lebih spesifik. Sebagai contoh, calon customer anda adalah wanita. Untuk lebih spesifiknya, wanita umur 25-34 tahun, dengan tingkat penghasilan di atas Rp 5.000.000 dalam satu bulan, bertempat tinggal di Jakarta Selatan, gemar menggunakan moda transportasi umum untuk kegiatan sehari-hari.

Maka produk / jasa yang akan anda sediakan untuk target customer tersebut adalah produk / jasa yang bisa memenuhi kebutuhannya. Dengan menargetkan customer yang tepat, maka konsep bisnis anda akan terjaga dan anda bisa melakukan pengembangan yang lebih.

3. Nama Bisnis

Memberikan nama untuk bisnis anda adalah hal yang sangat penting untuk dipikirkan. Jangan hanya asal membuat nama untuk bisnis anda. Pikirkan baik-baik nama bisnis yang akan anda gunakan. Pastikan nama tersebut akan merepresentasikan konsep bisnis yang telah anda buat. Nama ini yang nantinya akan menjadi salah satu senjata branding anda. Nama yang sesuai dengan konsep bisnis dan target pasar, akan membuat bisnis anda bertahan serta berkembang terus.

Bila nama bisnis yang dipilih asal-asalan dan tidak menggambarkan konsep bisnis yang kuat, bisnis akan sulit berkembang. Orang pun juga akan jadi kebingungan dengan nama dan konsep yang anda miliki.

Nama bisnis ini mempunyai peranan yang sangat penting dalam keberlangsungan bisnis anda. Karena nama inilah yang nantinya akan dikenal oleh target pasar, calon customer, dan juga orang-orang lain yang mungkin berpotensi bisa menjadi customer anda.

4. Pastikan Tujuan Bisnis yang Jelas

cara membuat konsep bisnis - domo academy

Setiap bisnis haruslah didasari tujuan yang jelas. Ibaratkan tujuan ini sebagai fondasi dari bisnis yang akan anda bangun. Seperti membangun rumah, bila rumah dibangun di atas fondasi pasir yang mudah bergerak dan tidak kokoh, maka rumah akan sulit berdiri tegak dan kokoh. Tetapi, bila rumah dibangun di atas fondasi tanah yang rata, kuat, kokoh, tidak mudah longsor, maka setinggi apapun rumah tersebut akan berdiri, fondasinya akan kuat menopang. Rumah jadi kokoh dan tidak mudah rubuh.

Sama hal nya seperti bisnis, saat tujuan awal anda berbisnis tidak jelas seperti hanya ikut-ikutan teman, agar ingin terlihat kaya, dan tujuan yang kurang relevan lainnya, maka bisnis anda tidak akan bertahan lama bila mengalami banyak guncangan. Tetapi, saat bisnis dibangun di atas tujuan yang jelas, seperti ingin menjadi ladang rezeki untuk banyak orang, ingin meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar, ingin menjadikan bisnis sebagai salah satu sarana untuk beribadah, maka percayalah bahwa fondasi tersebut kuat untuk menopang pertumbuhan bisnis yang akan terjadi ke depannya.

Kembali lagi, tujuan ini akan tergambar dalam konsep bisnis yang anda buat. Bila tujuan yang anda buat bisa tercapai, itu artinya konsep bisnis yang anda buat di awal berjalan dengan baik.

5. Lakukan Analisis Keuangan

Riset pasar sudah dilakukan, perencanaan bisnis sudah dibuat, tujuan juga sudah ditentukan, maka sekarang adalah saatnya untuk anda mengimplementasikan apa yang sudah anda rencanakan ke dalam bisnis. Jangan lupa untuk melakukan analisis keuangan karena ini adalah hal yang penting juga untuk dilakukan dalam membuat konsep bisnis.

Lewat analisis keuangan, anda bisa mengukur bagaimana kinerja bisnis yang anda jalankan. Atau anda juga bisa melakukan proyeksi tentang bagaimana nantinya bisnis anda akan berjalan dalam berbagai kondisi yang mungkin terjadi di kemudian hari.

Anda bisa memprediksi kira-kira berapa modal yang dibutuhkan, laba bersih yang akan didapat, berapa kerugian yang mungkin saja terjadi, dll. Jangan sepelekan analisis keuangan ini. Analisis keuangan yang tepat akan membuat bisnis anda semakin lancar dan berkembang.

Itu dia 5 cara membuat konsep bisnis yang bisa kami bagikan kepada anda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda yang masih bingung bagaimana cara membuat konsep bisnis.

Baca Juga: 9 Buku Belajar Bisnis yang Paling Direkomendasikan Buat Pebisnis Pemula

Pelajari lebih dalam tentang bagaimana cara membuat konsep bisnis lewat buku “Business Starting Systemation” dari Domo Academy. Buku yang akan mengarjakan kalian mengenai bagaimana cara memulai bisnis dari awal hingga bisa mencapai 100 juta pertama. Semua ilmu yang diajarkan dalam buku ini adalah ilmu praktis, artinya bisa langsung anda terapkan ke dalam bisnis. Selain itu, ilmu yang dibagikan juga berdasarkan pengalaman dari para penulis yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang selaku Founder dan Co-Founder Dokter Mobil dalam membangun bisnis Dokter Mobil dari awal hingga sekarang ini.

Anda akan dipandu satu persatu lewat buku ini tentang bagaimana menentukan tujuan bisnis, membuat fondasi bisnis, branding, legalitas usaha, pentingnya laporan keuangan, dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang berguna khususnya untuk anda pebisnis pemula atau anda yang baru mau memulai bisnis.

Segera miliki buku “Business Starting Systemation” ini dan praktikan sendiri apa yang diajarkan dari buku ini. Untuk informasi pemesanan buku, dapat menghubungi Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini. Stok terbatas, dapatkan buku ini sekarang juga jangan sampai kehabisan!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 18663

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top