10 Cara Mengembangkan Bisnis yang Wajib Anda Ketahui

cara mengembangkan bisnis - domo academy

Sebagai pebisnis, tentunya anda menginginkan bisnis yang anda jalankan bisa terus berkembang. Namun untuk mencapai itu, terkadang anda bingung apa yang harus dilakukan sehingga bisnis bisa berkembang.

Tenang saja, lewat artikel ini kami akan membagikan cara mengembangkan bisnis yang bisa anda lakukan, cara yang cukup sederhana dan bisa langsung anda aplikasikan. Langsung saja baca selengkapnya di bawah ini:

Cara Mengembangkan Bisnis yang Aplikatif

cara mengembangkan bisnis - domo academy

1. Pisahkan Keuangan Bisnis dan Pribadi

Langkah pertama yang harus anda lakukan agar bisnis berkembang adalah dengan memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi anda.

Pastikan, keuangan bisnis digunakan untuk kebutuhan bisnis, begitu juga sebaliknya, keuangan pribadi digunakan untuk kebutuhan pribadi.

Jangan sampai anda menggunakan uang pribadi untuk kebutuhan bisnis, nantinya anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan pencatatan. Atau mungkin saja anda merasa penghasilan dari bisnis besar tapi bisnis tidak bertumbuh-tumbuh, itu karena uang bisnis tanpa disadari anda gunakan untuk kebutuhan pribadi.

2. Perencanaan Keuangan Untuk Tahun Pertama

Setelah anda sudah memisahkan keuangan untuk bisnis, anda bisa mulai membuat perencanaan keuangan untuk tahun pertama bisnis anda berjalan. Ini dibutuhkan sebagai pedoman anda dalam melakukan segala transaksi yang berhubungan dengan bisnis anda.

Dari mulai perkiraan penjualan, penyediaan bahan baku, dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Dengan melakukan perencanaan, langkah-langkah yang anda lakukan akan lebih terukur dan tertata.

Selain itu, penting juga bagi anda untuk menyediakan rencana cadangan. Anda tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya, mungkin saja tidak sesuai dengan apa yang anda rencanakan. Maka, anda perlu menyiapkan rencana cadangan sebaik mungkin.

3. Mengatur Arus Kas Dengan Baik

Bila perencanaan keuangan sudah anda buat dengan baik, seharusnya anda akan lebih mudah untuk mengatur arus kas.

Atur arus kas berupa pengeluaran dan pemasukan dengan baik. Buatlah mekanisme dimana uang terus mengalir dan berputar, usahakan jangan diam atau nganggur terlalu lama. Lakukan pencatatan secara terperinci dari setiap transaksi pengeluaran dan pemasukan.

Perputaran arus kas yang baik menandakan bisnis anda sudah semakin siap untuk terus berkembang.

4. Sedia Cadangan Cash

Dalam pengaturan arus kas yang baik, jangan sampai anda kehabisan uang cash atau tunai. Anda harus selalu sedia uang tunai, karena ini sangat penting untuk operasional bisnis sehari-hari.

Bila anda kehabisan uang tunai, banyak aspek bisnis anda yang bisa saja rusak. Seperti pembayaran supplier bisa tertunggak, gaji karyawan jadi terlambat, dan masih banyak lagi.

Tentunya ini bukan berita yang bagus untuk bisnis anda. Kejadian ini bisa merusak nama baik bisnis maupun pribadi anda sebagai pemilik bisnis. Bila reputasi sudah tercoreng, bisnis akan semakin sulit untuk berkembang.

5. Jangan Mengandalkan Satu Supplier Saja

Jangan hanya bergantung pada satu supplier / vendor untuk mendukung bisnis anda. Usahakan untuk punya berbagai alternatif lain. Agar saat terjadi sesuatu pada supplier anda, itu tidak akan menghambat jalannya bisnis anda.

Dengan memiliki banyak alternatif, saat terjadi satu masalah dari supplier anda, bisnis anda akan tetap berjalan karena adanya supplier-supplier lain yang mendukung bisnis anda.

Saat anda hanya bergantung pada satu supplier dan kemudian terjadi sesuatu pada supplier tersebut, bisnis anda bisa saja terhambat. Tentu ini bukanlah hal yang baik untuk sebuah bisnis yang ingin berkembang.

6. Selalu Siap Untuk Hal Tak Terduga

Seorang pebisnis dituntut harus siap menghadapi hal-hal yang tidak diduga. Ini merupakan risiko yang harus dihadapi bagi anda yang terjun dalam dunia bisnis.

Semua orang pasti mengharapkan hanya hal baik yang terjadi dalam bisnisnya. Namun kenyataannya tidak seindah itu. Akan ada banyak masalah, tantangan, dan hal-hal tak terduga lainnya yang bisa saja menghampiri bisnis anda.

Untuk itu, anda harus selalu siap menghadapinya. Siap untuk menghadapi, bukan siap untuk menghindarinya.

7. Berani Mengambil Peluang Baru

Bila saat bisnis anda berjalan, tiba-tiba datang sebuah kesempatan yang berpotensi bisa mengembangkan bisnis anda, jangan takut untuk mengambil peluang tersebut.

Beranikan diri anda untuk mengambil setiap peluang yang ada, selama itu masih relevan dengan bisnis yang anda kembangkan. Mungkin saja dari peluang baru itu, anda bisa mendapatkan lebih banyak customer baru, ekspansi jadi lebih besar, bahkan menduplikasi bisnis anda.

Banyak hal baik yang bisa terjadi dalam bisnis anda, bila anda berani untuk mengambil peluang-peluang baru.

8. Temukan Spesialisasi Anda

Mulai gali apa yang sebenarnya menjadi spesialisasi dari bisnis anda. Saat anda mempunyai satu spesialisasi, anda akan lebih mudah untuk melakukan pengembangan. Istilahnya, untuk saat ini anda hanya perlu mengembangkan satu hal yang menjadi spesialisasi anda.

Bila nanti bisnis sudah semakin berkembang, anda bisa mengembangkan bisnis dengan mempelajari spesialisasi yang lainnya. Namun ingat, jangan sampai anda mengklaim spesialis di seluruh bidang. Bila semuanya dibilang spesial, lantas mana yang benar-benar spesial?

9. Jaga Hubungan Dengan Customer

Customer adalah sumber pendapatan anda. Selain sumper pendapatan, customer juga yang bisa menjadi media promosi bisnis anda lewat word of mouth mereka.

Oleh sebab itu, jangan pernah sekalipun anda membuat customer merasa kecewa dengan bisnis anda. Jaga tingkat kepuasan dan kepercayaan customer terhadap bisnis anda.

Berusahalah untuk memberikan produk / layanan yang terbaik kepada seluruh customer anda. Bila anda bisa menjaga hubungan yang baik dengan customer, bisnis akan jauh lebih mudah untuk berkembang.

10. Kemauan yang Besar Untuk Terus Belajar

cara mengembangkan bisnis - domo academy

Cara mengembangkan bisnis yang terakhir adalah mempunyai keinginan untuk terus belajar. Banyak sumber yang bisa anda jadikan pelajaran. Anda bisa belajar dari kompetitor, dari trend yang sedang berkembang, dari rekan bisnis anda, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 8 Cara Menaikan Omset Penjualan Bisnis Anda

Kemudian anda juga bisa belajar dengan membaca buku-buku tentang bisnis. Salah satu buku belajar bisnis yang direkomendasikan adalah buku “Business Starting Systemation” dari Domo Academy. Ditulis oleh Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil, yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang.

Buku yang akan memberi tahu anda cara mengembangkan bisnis hingga bisa mencapai omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat. Semua ilmu yang diajarkan bersifat praktis dan mudah diaplikasikan. Sangat cocok untuk para pebisnis pemula.

Buku yang dibuat berdasarkan pengalaman para penulis dalam membangun bisnis Dokter Mobil. Tentunya sudah terbukti mampu membuat bisnis yang sukses, unggul, dan terus berkembang.

Tunggu apa lagi? Segera dapatkan karya luar biasa ini melalui Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini. Jangan sampai kehabisan karena stok sangat terbatas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam menjelaskan cara mengembangkan bisnis. Share kepada rekan-rekan anda yang lainnya agar mereka bisa mendapatkan ilmu yang sama dengan anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 30112

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top