10 Pertanyaan Tentang Bisnis yang Wajib Anda Jawab Saat Ingin Memulai Bisnis

pertanyaan tentang bisnis - domo academy

Apakah saat ini anda sedang mempunyai rencana untuk memulai bisnis? Jika iya, hal pertama yang perlu anda ketahui adalah menjadi seorang pebisnis bukanlah hal yang mudah. Kesuksesan membutuhkan kerja keras dan konsistensi. Berikut adalah 10 pertanyaan tentang bisnis yang perlu anda jawab saat memulai bisnis.

Jawab Pertanyaan Tentang Bisnis Ini

pertanyaan tentang bisnis - domo academy

1. Apakah Anda yakin?

Sebelum memulai bisnis, jawab pertanyaan ini baik-baik. Apakah anda sudah merasa yakin untuk berbinis?

Jangan hanya berbisnis untuk mengikuti tren, hanya ingin terlihat keren, atau bahkan agar mendapat pengakuan dari teman, tetapi pastikan anda benar-benar menginginkannya. Jika anda bertekad dan siap untuk menangkap semua peluang untuk menjadi seorang pebisnis, maka anda bisa lanjut ke pertanyaan yang selanjutnya.

2. Apakah Bisnis Sesuai Dengan Minat Anda?

Pikirkan sendiri apakah bisnis yang anda jalankan benar-benar sesuai dengan minat anda. Hal ini dikarenakan membangun sebuah bisnis bukanlah hal yang mudah. Karena itu, jika anda melakukannya tidak dengan sepenuh hati, maka bisnis akan sulit sekali untuk berkembang dan perjalanan bisnis anda mungkin tidak akan bertahan lama.

3. Apakah Anda Benar-Benar Memahami Industri Anda?

Setelah anda mengetahui minat anda, anda bukan satu-satunya yang bergerak dalam bisnis ini, sehingga anda perlu untuk memahami bagaimana situasi dan kondisi dari industri pilihan anda. Pahami pesaing yang ada dalam industri anda agar anda bisa merancang dan menentukan strategi bisnis yang tepat untuk tetap bersaing dengan bisnis-bisnis yang sudah lebih lama ada atau bahkan bisnis yang scopenya sudah lebih besar dari bisnis anda.

4. Siapa Pasar Bisnis Anda?

Luangkan waktu yang anda miliki untuk memahami siapa yang kira-kira nantinya akan menjadi target pasar dari bisnis anda. Apakah anda menargetkan pasar yang luas atau tersegmentasi (lebih sempit)? Cobalah untuk mengenal dan memahami behavior mereka. Dengan cara ini, anda dapat menyediakan produk / layanan yang bisa memenuhi kebutuhan pasar.

5. Apa Tujuan Bisnis Anda?

Dalam bisnis tentunya selalu ada tujuan yang ingin dicapai. Dalam hal ini, anda harus tau apa yang ingin anda capai dari bisnis ini. Apakah anda berkeinginan untuk bisa membuka cabang hingga 100 cabang? Atau apakah anda ingin bisnis anda bisa memberikan dampak nilai yang positif kepada masyarakat sekitar sekaligus menghasilkan keuntungan? Semua keputusan ada di tangan anda.

6. Siapa Pesaing Anda?

Pertanyaan tentang bisnis selanjutnya adalah siapa pesaing dari bisnis anda? Anda tentu tidak sendirian dalam bisnis. Maksudnya adalah tentu saja akan ada banyak pesaing bisnis yang berada di dalam satu industri yang sama. Anda perlu untuk memahami siapa pesaing anda yang paling berpengaruh, lalu strategi apa yang mereka gunakan untuk menarik pembeli. Dari situ, anda bisa menerapkan konsep ATM (Amati, Tiru, dan Modifikasi). Tentunya modifikasi sangat diperlukan untuk menyesuaikan konsep dengan kemampuan bisnis anda.

7. Apa Strategi Bisnisnya?

Setelah melakukan berbagai survei terkait operasional bisnis, kini saatnya memikirkan strategi yang akan anda eksekusi, mulai dari cara menjalankan bisnis yang efektif dan efisien, penggunaan teknologi, memperhatikan kualitas produk dan layanan, serta melakukan promosi dengan cara beriklan.

8. Risiko Apa yang Anda Antisipasi?

pertanyaan tentang bisnis - domo academy

Setiap keputusan selalu mengandung risiko. Oleh sebab itu, anda perlu untuk mengetahui apa saja risiko yang mungkin akan anda hadapi saat memulai bisnis, termasuk risiko keuangan, operasional, pemasaran, hukum, dan risiko-risiko lainnya.

Dengan mengetahui apa saja risko yang mungkin muncul, anda bisa menyiapkan terlebih dahulu langkah-langkah yang diperlukan untuk mengatasi risiko tersebut. Jadi, saat risiko itu benar-benar muncul menghampiri bisnis, anda sudah siap dengan segala macam cara untuk mengatasinya. Selain itu, anda juga menyiapkan cara untuk meminimalisir dampak yang dihasilkan dari risiko itu.

9. Apakah Anda Punya Rekan Usaha?

Anda perlu memikirkan dengan baik apakah anda akan menjalankan bisnisnya bersama dengan mitra bisnis atau ingin menjalankannya sendiri? Berjalan sendiri atau memiliki partner bisnis, masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya. Pertimbangkan baik-baik untuk melakukannya.

10. Apakah Anda Sudah Memiliki Modal?

Salah satu hal terpenting yang harus dipikirkan saat memulai bisnis adalah modal. Dengan modal yang cukup, bisnis sudah selangkah lebih maju. Namun, bukan berarti semua bisnis harus dimulai dengan modal yang besar. Anda bisa juga memulai bisnis dengan modal yang kecil atau bahkan tanpa modal sekalipun. Sudah terdapat banyak pilihan jenis bisnis yang bisa dimulai tanpa memerlukan modal materi yang besar.

Baca Juga: 15 Cara Menjadi Pengusaha Dari Nol, Ikutin Biar Sukses!

Itulah 10 pertanyaan tentang bisnis yang wajib anda jawab sebelum anda mulai untuk membangun bisnis. Bila anda kesulitan untuk menjawab semua pertanyaan tentang bisnis ini, anda bisa mendapatkan bantuan dengan membaca buku “Business Starting Systemation” dari Domo Academy.

Dalam buku ini, jawaban dari semua pertanyaan di atas tersedia dengan lengkap. Buku yang ditulis oleh Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang, selaku Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil. Lewat buku ini, mereka ingin membagikan pengalaman mereka dalam membangun bisnis Dokter Mobil. Khususnya untuk anda para pebisnis pemula, buku ini sangat cocok sebagai panduan anda untuk mulai berbisnis hingga nantinya bisnis bisa mencapai omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat.

Tunggu apa lagi segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini. Jangan sampai kehabisan karena stok sangat terbatas.

Semoga pertanyaan tentang bisnis ini bisa menjadi panduan awal untuk anda memulai bisnis. Pastikan anda bisa menjawab seluruh pertanyaan yang ada. Bila anda sudah bisa menjawab seluruh pertanyaan tentang bisnis ini, itu artinya anda sudah siap untuk mulai berbinis dan menjadi seorang pebisnis.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman anda yang ingin juga memulai suatu bisnis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 26445

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top