15 Cara Menjadi Pengusaha Dari Nol, Ikutin Biar Sukses!

menjadi pengusaha dari nol - domo academy

Kebanyakan orang bermimpi menjadi pengusaha besar dan sukses. Namun, sangat sedikit orang yang dapat mewujudkan impian mereka. Alasannya sederhana, menjadi pengusaha dari nol tidak semudah yang Anda bayangkan. Selain ketahanan mental yang keras, ada hal penting lainnya yang perlu dipersiapkan dengan matang.

Berikut adalah hal-hal penting yang harus anda siapkan saat anda memilih untuk jadi pengusaha dari nol:

Cara Menjadi Pengusaha Dari Nol

menjadi pengusaha dari nol - domo academy

1. Pastikan Anda Yakin

Pastikan anda yakin sebelum memutuskan pilihan anda. Jika anda masih setengah hati dalam membangun bisnis, keadaan akan lebih mudah mengecewakan anda. Bukannya berhasil, bisnis yang sedang anda bangun justru berkemungkinan untuk berhenti di tengah jalan.

2. Siapkan Model Bisnis Untuk Dioperasikan

Ketika anda sudah yakin untuk mulai berbisnis, pikirkan model bisnis mana yang akan dijalankan nanti. Anda bisa memulainya dengan mencari informasi tentang tren bisnis yang berkembang.

Namun, pastikan jangan hanya sekedar mengikuti tren saja tanpa punya ilmu yang cukup tentang tren atau industri tersebut. Bila anda memilih untuk mengikuti tren, pastikan anda punya pengetahuan yang banyak tentang tren tersebut.

3. Berpikir “Out of The Box”

Tidak ada pengusaha yang berhasil tanpa berpikir kreatif. Misalnya, dalam bisnis transportasi online, ia melihat peluang menjadi solusi bagi masyarakat perkotaan. Jadi teruslah berusaha untuk mengasah kemampuan berpikir anda agar lebih kreatif.

4. Mempersiapkan “Visi dan Misi” yang Jelas

Hal terpenting untuk memulai bisnis adalah membuat rencana bisnis yang fleksibel dan sertakan juga inovasi-inovasi ke dalam bisnis anda. Ingatlah bahwa anda memiliki visi dan misi yang jelas untuk bisnis yang anda mulai.

5. Biasakan Diri Lebih Terorganisir

Cobalah untuk mulai membiasakan diri anda untuk jadi orang yang lebih terorganisir. Hal ini sangat penting untuk anda dalam menjalankan bisnis. Dalam bahasa sederhana, ketika anda tidak bisa mengatur diri sendiri dengan baik, bagaimana anda bisa mengatur semua aspek dalam bisnis anda?

6. Rajin Mencatat

Catatlah segala sesuatu yang menurut anda penting sebanyak mungkin. Anda bisa mencatat nasihat, masukan, atau kritikan dari orang lain hingga tantangan yang mungkin akan anda hadapi dalam menjalankan bisnis. Semua itu dilakukan agar nantinya anda bisa juga membagikan pengalaman-pengalaman yang tercatat rapi dalam catatan anda.

7. Fokus Pada Satu Bisnis Dulu

Fokuskan tenaga, waktu, dan pikiran anda ke satu bisnis terlebih dahulu. Jangan terlalu cepat berkeinginan untuk melipat gandakan keuntungan anda dengan memulai bisnis kedua. Pastikan bisnis anda saat ini benar-benar stabil baik dari segi permodalan, sumber daya manusia, operasional, maupun aspek-aspek lainnya.

Bila masih banyak masalah dalam bisnis anda kemudian anda memutuskan untuk memulai bisnis kedua, itu artinya anda sedang menggandakan masalah.

8. Bersiaplah Untuk yang Terburuk

Menjadi pengusaha dari nol benar-benar membutuhkan keberanian. Tapi itu tidak cukup. Analisis dan bersiaplah untuk situasi terburuk yang mungkin terjadi.

9. Menerima Semua Penilaian

Salah satu kunci sukses adalah “proses belajar”. Jadilah orang yang selalu mau menerima dan terbuka terhadap kritik dan saran dari orang lain. Pastikan untuk mengevaluasi kekurangan anda sendiri dalam berbisnis.

10. Terus Belajar dan Jangan Cepat Puas

Setiap perjalanan bisnis pasti ada pasang surutnya. Jangan terlena ketika bisnis yang anda jalankan sedang berada di fase yang berhasil. Manfaatkan momentum ini untuk semakin mengakselerasi perkembangan bisnis anda. Di satu sisi, jangan putus asa jika bisnis anda sedang lesu. Buka pikiran anda dan jangan takut untuk bertanya kepada orang yang lebih berpengalaman, itu bisa saja rekan anda atau mentor bisnis.

11. Menjalankan Bisnis Favorit Anda

Bila anda memutuskan untuk menjalankan bisnis sesuai dengan hal yang anda sukai, itu akan membantu anda menjadi lebih santai dalam situasi sulit. Hal ini juga berlaku dalam dunia bisnis. Ini memastikan bahwa anda tidak memiliki masalah dalam mempertahankan komitmen anda.

12. Bisnis yang Dikuasasi

Ketika anda berbicara tentang bisnis, tentu saja anda berbicara tentang keuntungan. Apa yang anda sukai mungkin kurang menguntungkan. Anda perlu mengesampingkan hal-hal yang menjadi favorit anda dan fokus pada apa yang anda kuasai. Pahami potensi anda dan terapkan pada fokus perusahaan anda.

13. Mempersiapkan Modal Kerja

Selanjutnya adalah faktor-faktor eksternal dalam memulai usaha. Pertama-tama, tentang modal. Pastikan modal bisnis anda berasal dari dana pribadi atau joint venture. Untuk usaha patungan, pastikan semuanya jelas, kalau bisa ada dokumen-dokumen hitam di atas putih. Pastikan tidak ada yang merasa dirugikan saat membagikan hasilnya nanti.

14. Melihat Peluang Usaha

menjadi pengusaha dari nol - domo academy

Sedikit bocoran, beberapa tahun terakhir ini pemerintah Indonesia banyak menaruh perhatian pada sektor perdagangan digital. Nah, ini adalah contoh peluang bisnis yang anda manfaatkan. Anda dapat memulai trading online, atau bahkan memulai bisnis yang berbasis digital.

15. Penentuan Target Pasar

Seorang pebisnis yang sukses harus mampu menganalisis target pasar dengan baik. Sekalipun ia memiliki produk dengan kualitas terbaik, produknya akan sulit dijual jika ia tidak menargetkan pasar yang tepat.

Baca Juga: 7 Pertanyaan Seputar Bisnis Di Masa Pandemi

Itulah cara menjadi pengusaha dari nol yang bisa anda ikuti. Pelajari cara menjadi pengusaha dari nol yang lebih lengkap dengan membaca buku “Business Starting Systemation” dari Domo Academy. Buku yang ditulis oleh Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang, selaku Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil.

Dalam buku ini, mereka membagikan pengalaman dan cara-cara yang digunakan untuk membangun bisnis Dokter Mobil hingga bisa sampai sekarang ini. Semua ilmunya dirangkum secara sederhana dan bisa langsung anda praktikan ke dalam bisnis anda, karena ilmu-ilmunya bersifat praktis. Buku ini sangat cocok untuk anda pebisnis pemula atau untuk anda yang baru ingin memulai bisnis.

Selain itu, anda juga akan dibimbing untuk mencapai omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat. Semuanya bisa anda dapatkan dengan hanya membaca buku ini.

Tunggu apa lagi? Segera miliki buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang tersedia di kanan bawah halaman ini. Jangan sampai anda kehabisan, karena stok sangat terbatas.

Semoga cara-cara menjadi pengusaha dari nol yang kami bagikan lewat artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa bagikan apa yang anda pelajari untuk menjadi pengusaha dari nol ini kepada teman-teman lainnya yang ingin menjadi pengusaha dari nol.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 28874

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top