5 cara menggunakan scanner mobil

Begini 5 Cara Menggunakan Scanner Mobil

Pemeliharaan dan diagnostik kendaraan telah menjadi lebih mudah dan efisien berkat penggunaan alat-alat canggih seperti scanner mobil.

Scanner mobil merupakan alat yang sangat berguna untuk membaca dan mendiagnosis kode kesalahan (trouble codes) yang dihasilkan oleh komputer mobil (ECU atau Engine Control Unit).

Dengan memahami cara menggunakan scanner mobil, pemilik kendaraan dapat mengidentifikasi masalah yang terjadi pada mobil mereka dengan cepat dan akurat, sehingga memudahkan proses perbaikan.

Kali ini, Domo Academy akan berbagi informasi tentang cara untuk menggunakan scanner mobil saat mendiagnosa masalah mobil.

Apa Itu Scanner Mobil

Sebelum membahas cara menggunakan scanner mobil, penting untuk memahami apa itu scanner mobil dan bagaimana cara kerjanya.

Scanner mobil adalah alat diagnostik yang terhubung ke sistem komputer mobil melalui port OBD-II (On-Board Diagnostics II), yang merupakan standar pada kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1996.

Alat ini dapat membaca kode kesalahan yang disimpan dalam sistem komputer mobil dan menampilkan informasi tentang masalah yang terdeteksi.

Cara Menggunakan Scanner Mobil

Berikut adalah cara untuk menggunakan scanner mobil:

1. Persiapan

Pastikan mobil dalam keadaan mati namun kunci kontak dalam posisi “on” atau siap untuk dihidupkan tanpa menghidupkan mesin. Ini memungkinkan sistem elektronik mobil, termasuk ECU, untuk aktif tanpa mesin berjalan.

2. Menghubungkan Scanner ke Port OBD-II

Temukan port OBD-II di mobil Anda, yang biasanya terletak di bawah dasbor dekat kemudi.

Hubungkan scanner mobil ke port ini.

3. Membaca Kode Kesalahan

Setelah terhubung, nyalakan scanner mobil dan biarkan alat ini berkomunikasi dengan sistem komputer mobil.

Scanner akan membaca dan menampilkan kode kesalahan yang telah diidentifikasi oleh sistem komputer mobil.

4. Menginterpretasikan Kode Kesalahan

Scanner mobil akan menampilkan kode kesalahan yang sering kali berupa kombinasi huruf dan angka.

Gunakan manual yang disertakan dengan scanner atau sumber online untuk menginterpretasikan kode tersebut dan memahami masalah yang diindikasikan.

5. Mereset Kode Kesalahan

Setelah masalah diidentifikasi dan diperbaiki, scanner mobil dapat digunakan untuk mereset atau menghapus kode kesalahan dari memori sistem komputer mobil.

Ini mengembalikan lampu indikator seperti “check engine” ke keadaan normal.

Baca Juga: Jenis-Jenis Ban Mobil yang Bagus, Apa Saja?

Yuk, Perdalam Ilmu Otomotif bersama Domo Academy! Praktek Langsung di Bengkel Resmi!

Domo Academy menawarkan kesempatan emas bagi Anda yang berkeinginan untuk mendalami ilmu otomotif secara profesional dan aplikatif.

Sebagai lembaga pelatihan mekanik mobil bersertifikat, kami memahami pentingnya pengalaman praktik langsung dalam mempelajari setiap aspek mekanik kendaraan.

Itulah sebabnya, sebanyak 80% dari kurikulum kami dirancang untuk dilaksanakan melalui praktek langsung di bengkel cabang Dokter Mobil dan Domo Transmisi, yang merupakan bengkel resmi dan terpercaya.

Di sini, Anda akan mendapatkan pengalaman nyata, berhadapan langsung dengan berbagai kasus dan kondisi kendaraan sehari-hari, dibimbing oleh para ahli dan teknisi berpengalaman di industri otomotif.

Domo Academy bukan hanya tentang memperkaya pengetahuan teoritis, tetapi lebih dari itu, kami mengedepankan pembelajaran praktik yang akan menyiapkan Anda menjadi profesional di bidang mekanik mobil.

Jadi, jika Anda berambisi untuk menguasai keterampilan otomotif dan siap untuk terjun langsung ke dunia mekanik, Domo Academy adalah pilihan yang tepat untuk mewujudkan aspirasi Anda.

Info lengkap seputar kursus montir mobil di Domo Academy, silahkan hubungi Customer Service kami melalui WhatsApp di nomor 0822-4925-5875!

Lokasi Domo Academy berada di Jl. Pegangsaan Dua No.5, RT.7/RW.3, Pegangsaan Dua, Kec. Klp. Gading, Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14250.

Demikianlah informasi mengenai cara menggunakan scanner mobil yang benar.

Dengan menggunakan scanner mobil, pemilik kendaraan dapat memperoleh wawasan berharga tentang kondisi kendaraan mereka dan mengidentifikasi masalah dengan cepat.

Hal ini tidak hanya membantu dalam pemeliharaan rutin tetapi juga menghemat waktu dan biaya perbaikan di masa depan.

Scanner mobil adalah investasi yang bijak untuk siapa saja yang ingin meningkatkan pemeliharaan kendaraan mereka dan menghindari kejutan tidak menyenangkan dari masalah mekanis yang tak terduga.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow

Similar Posts