3 Pertanyaan Tentang Ide Bisnis yang Wajib Dipikirkan

Banyak sekali pertanyaan tentang ide bisnis yang sering ditanyakan oleh mereka yang ingin memulai suatu bisnis. Berikut sudah kami pilih pertanyaan tentang ide bisnis yang paling sering ditanyakan. Pelajari dan coba anda jawab baik-baik, agar anda semakin yakin dalam memulai bisnis yang ingin anda bangun.

Pertanyaan Tentang Ide Bisnis

pertanyaan tentang ide bisnis - domo academy

1. Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mulai Bisnis?

Jawaban paling tepat untuk pertanyaan ini adalah sekarang. Ketika anda sudah mempunyai ide bisnis, sudah membuat perencanaannya seperti apa, sudah menyiapkan modal, sudah menyisihkan waktu untuk membangunnya, dan sudah tau bagaimana cara menjalankannya agar terus berkembang, sekarang adalah waktu yang tepat. Jangan tunda-tunda lagi keinginan anda untuk mulai berbisnis.

Semua yang telah anda siapkan akan menjadi percuma bila anda tidak mempunyai keberanian untuk memulainya. Ingat, memulai suatu bisnis tidak harus langsung besar. Anda bisa memulai bisnis dari skala yang kecil terlebih dahulu. Pada dasarnya, sebuah bisnis yang besar berawal dari kecil terlebih dahulu.

Beranikan diri anda untuk memulai langkah bisnis anda. Kemudian saat bisnis sudah berjalan, jangan lupa untuk terus upgrade pengetahuan anda tentang bisnis agar diri anda bisa semakin berkembang dan bisnis yang anda jalankan pun terus maju.

2. Bisnis Apa yang Cocok Untuk Pemula?

Pertanyaan tentang ide bisnis apa yang cocok untuk pemula bisa dijawab dengan memilih bisnis yang anda sukai atau pahami. Maksudnya adalah anda punya pemahaman yang baik tentang bisnis atau industri bisnis anda. Ini bisa bergerak dari hobi yang sekarang anda tekuni.

Mungkin saat ini anda mempunyai hobi fotografi, ide bisnis yang bisa dijalankan dari hobi tersebut adalah anda bisa menyewakan peralatan yang mungkin sedang tidak anda gunakan atau anda bisa juga berdagang peralatan-peralatan fotografi. Ini cocok untuk pemula karena anda paham betul tentang fotografi dan industrinya.

Usahakan untuk memilih ide bisnis yang memang sesuai dengan apa yang anda kuasai atau sukai. Mulai membangun, memperhatankan, hingga membuat suatu bisnis berkembang bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan waktu, tenaga, pikiran, dan komitmen yang kuat agar bisnis bisa terus berjalan. Hal ini sangat dibutuhkan khususnya saat nanti datang masalah yang menghampiri bisnis anda. Saat anda benar-benar menyukai dan memahami bidang bisnis anda, pasti ada jalan yang bisa ditempuh untuk mengatasi permasalahan yang datang.

Semua akan menjadi sulit jika anda tidak suka dan paham tentang bisnis anda. Bisnis akan menjadi rapuh dan bisa saja terpaksa bangkrut.

3. Hal yang Wajib Diperhatikan Apa Saja?

pertanyaan tentang ide bisnis - domo academy

Dalam mengeksekusi suatu ide bisnis dan memulainya, ada beberapa hal yang sebelumnya harus anda perhatikan yaitu:

  1. Melakukan riset pasar
  2. Jangan membuat diri anda terjebak pada masalah saat mempersiapkan bisnis, fokus pada solusi dari masalah-masalah yang ada.
  3. Usahakan berbisnis yang bisa jadi manfaat untuk banyak orang
  4. Bijak dan cermat dalam mengelola modal

Saat anda mau mulai mengeksekusi suatu ide bisnis, pastikan anda sudah melakukan riset pasar mengenai ide tersebut. Hasil riset pasar ini yang nantinya bisa menjadi landasan anda harus berbuat apa lagi ke depannya. Bila anda menargetkan pasar yang tepat dan sesuai dengan bisnis anda, maka bisnis akan terus berkembang. Jangan sampai anda salah menargetkan sehingga bisnis menjadi stagnan dan sulit untuk berkembang.

Kemudian saat muncul suatu masalah, biasakan untuk tidak fokus pada masalahnya melainkan fokuslah pada solusi dari masalah tersebut. Bila anda terus berfokus pada masalah, masalah itu tidak akan terselesaikan. Namun bila anda memfokuskan diri untuk mencari solusi dari permasalahan tersebut, maka masalah itu bisa cepat terselesaikan.

Lalu, usahakan untuk berbisnis yang bisa memberikan banyak manfaat untuk orang lain. Dengan begitu, bisnis anda akan dicari oleh banyak orang, karena memang bisa memenuhi kebutuhan dan memberikan manfaat.

Terakhir adalah anda harus bijak dan cermat dalam mengelola modal. Hal sederhana yang bisa anda lakukan di awal adalah memisahkan keuangan bisnis dan keuangan pribadi. Ini adalah kesalahan yang masih banyak dilakukan pebisnis pemula. Karena berpikiran bisnis masih kecil, jadi tidak apa-apa kalau keuangannya digabung dengan keuangan pribadi. Padahal dengan menggabung keuangan pribadi dan bisnis, anda jadi sulit untuk memisahkan mana uang bisnis mana uang pribadi. Anda akan kesulitan untuk memantau kinerja dari bisnis.

Baca Juga: 15 Cara Menjadi Pengusaha Dari Nol, Ikutin Biar Sukses!

Demikian pertanyaan tentang ide bisnis yang sebaiknya anda pikirkan jawabannya baik-baik. Bila anda ingin mendapatkan jawaban yang lebih lengkap lagi, anda bisa membaca buku “Business Starting Systemation” dari Domo Academy.

Dalam buku ini, semua pertanyaan tentang ide bisnis yang biasanya ditanyakan oleh pebisnis pemula akan dibahas secara lengkap dan terperinci. Buku ini sangat cocok untuk pebisnis pemula atau orang-orang yang baru ingin memulai bisnis seperti anda.

Semua ilmu yang dituliskan dalam buku ini bersifat ilmu yang praktis, jadi bisa langsung anda aplikasikan ke dalam bisnis yang sedang anda bangun. Selain itu, ilmu yang diberikan bukan hanya teori saja, semuanya berdasarkan pengalaman para penulis yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang selaku Founder dan Co-Founder Dokter Mobil, dalam membangun bisnis Dokter Mobil hingga jadi seperti ini.

Pembahasan dan bahasa yang digunakan sangat sederhana, sehingga mudah dipahami oleh para pebisnis pemula. Anda akan diajarkan dan dipandu dengan baik bagaimana cara menghasilkan omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat.

Untuk itu, segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang tertera di bawah kanan halaman ini. Stok sangat terbatas dan jangan sampai anda kehabisan bukunya.

Semoga artikel ini bisa memberikan gambaran untuk anda mengenai pertanyaan tentang ide bisnis yang sering ditanyakan oleh pebisnis pemula. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini kepada teman-teman lainnya yang masih ragu untuk mulai berbisnis.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 25584

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top