8 Prinsip Usaha Agar Bisnis Berkembang dan Sukses

prinsip usaha - domo academy

Menjalankan bisnis memang tidak mudah. Untuk menjadi sukses dalam bisnis anda, anda perlu menerapkan prinsip-prinsip usaha yang memotivasi anda untuk lebih sukses dan berkembang.
Intinya, jika anda bekerja keras dan menangani semua masalah dengan bijak, anda akan mendapatkan hasil yang anda inginkan dengan lebih mudah.

Namun, untuk mencapainya, anda juga harus rela mengorbankan waktu, pikiran, tenaga, uang, dan lainnya. Untuk anda pebisnis yang ingin sukses, anda perlu memiliki prinsip usaha yang dapat membantu anda sukses. Berikut adalah prinsip-prinsip usaha yang diperlukan untuk bisnis yang sukses.

Prinsip Usaha yang Harus Anda Miliki

prinsip usaha - domo academy

1. Kerja Sambil Belajar

Bagi pengusaha sukses, menghasilkan uang bukanlah satu-satunya pekerjaan. Tapi itu bekerja untuk belajar. Karena itulah banyak pengusaha sukses menikmati proses belajar sambil bekerja.

Menurut mereka, belajar dari usaha mereka dapat membawa manfaat yang jauh lebih besar daripada hanya berfokus pada uang. Tetap belajar sambil bekerja membuat lebih mudah untuk membangun dan mengembangkan bisnis anda.

2. Membangun Sistem Di Tempat Kerja

Hal pertama yang harus anda fokuskan saat menjalankan bisnis adalah sistem di dalam bisnis itu sendiri. Sistem bisnis yang baik membuat perjalanan bisnis menjadi lebih mudah dan tidak membosankan. Selain itu, dengan sistem bisnis yang tepat, sebuah perusahaan dapat menghasilkan banyak uang.

Setelah sistem bisnis anda bekerja, anda dapat dengan aman fokus pada hal-hal lain, seperti inovasi bisnis.

3. Uang adalah Hasil Usaha

Seorang pebisnis harus selalu bersemangat dan tidak boleh terlihat malas karena pengusaha biasanya tidak mudah menyerah dan sikap yang menuntut.
Bagi mereka, uang yang mereka peroleh harus dimulai dengan usaha yang mereka lakukan. Uang lebih berharga jika dibuat dari usaha anda sendiri.

4. Jangan Pernah Menyerah

Semua orang pasti pernah mengalami kegagalan dalam menjalankan bisnisnya sebelum jadi berhasil. Namun kegagalan itu bukanlah halangan bagi mereka, khususnya seorang pebisnis, melainkan itu dijadikan pelajaran yang berharga. Untuk menjadi sukses, pertahankan sikap teguh dan perkuat pemikiran anda untuk bangkit dan memulai kembali.

5. Pekerjakan Talenta Terbaik

Karyawan merupakan aset yang berharga bagi perusahaan. Jadi jangan ragu untuk merekrut orang-orang terbaik.

Mereka tidak hanya dapat bekerja keras untuk anda, tetapi juga dapat memberi anda ide untuk mengembangkan dan memperluas perusahaan anda. Oleh karena itu, peran anda dalam mengembangkan bisnis akan semakin terbantu dengan keberadaan tim dan karyawan anda.

6. Customer is King

prinsip usaha - domo academy

Anda pasti pernah mendengar kata ini, bukan? Customer sekaligus karyawan adalah aset berharga yang perlu anda jaga baik-baik. Karena tidak peduli seberapa bagus bisnis anda, itu tidak akan berhasil tanpa keberadaan customer anda.

Jangan membeda-bedakan siapa customer anda atau berapa banyak uang yang mereka miliki. Pastikan anda selalu memberikan layanan terbaik kepada mereka, tidak peduli siapa customer anda dan berapa banyak uang yang mereka miliki.

7. Kerja Sama Bisnis

Seorang pebisnis tidak bisa jauh dari yang namanya koneksi. Dari koneksi yang anda bangun ini, bisa terbuka kesempatan-kesempatan untuk saling bekerja sama. Anda bisa mengembangkan bisnis lebih mudah dan tentunya mendapatkan keuntungan yang lebih besar jika anda bersedia untuk melakukan kerja sama ini.

Bentuk-bentuk kerja sama yang bisa anda lakukan antara lain dengan mengajak partner atau investor untuk membuka cabang baru, menambah lini-lini produk / jasa yang akan anda jual, sehingga bisnis anda jadi semakin lengkap dan variatif.

Lewat kerja sama ini, diharapkan bisnis anda akan semakin bisa menjawab kebutuhan customer-customer anda.

8. Inovasi Bisnis

Customer bisa saja merasa jenuh dengan produk / jasa yang selama ini anda tawarkan, karena tidak ada inovasi baru yang anda hadirkan dalam produk / jasa bisnis anda.

Bila bisnis sudah bisa dikatakan berjalan secara stabil, sebagai pemilik bisnis anda harus memutar otak untuk coba menghadirkan inovasi baru sebagai bentuk perkembangan dari bisnis anda.

Lewat inovasi bisnis yang anda lakukan ini, customer baru akan datang untuk membeli produk anda, sedangkan customer lama anda akan tetap bertahan berkat inovasi yang anda hadirkan.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Konsep Bisnis Sederhana Untuk Pemula

Ini adalah beberapa prinsip usaha yang dapat memotivasi anda untuk mengembangkan bisnis lebih baik lagi. Pelajari prinsip usaha lainnya secara lebih lengkap lewat buku “Business Starting Systemation” karya Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang. Mereka adalah Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil. Dalam buku in, terdapat banyak ilmu yang sangat berguna khususnya untuk anda pebisnis pemula.

Mulai dari bagaimana langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menciptakan omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat, bagaimana cara memaknai kesuksesan, pentingnya legalitas usaha, sampai dengan prinsip-prinsip usaha lainnya yang penting untuk dimiliki.

Bahasa dan pembahasan yang digunakan sangat sederhana, sehingga anda pebisnis pemula dapat dengan mudah mempelajarinya. Kemudian ilmu-ilmu yang diajarkankan pun bersifat praktis dan sudah terbukti lewat Dokter Mobil, jadi bisa langsung anda praktikan ke dalam bisnis yang sedang anda bangun saat ini.

Untuk itu, segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang tersedia di kanan bawah halaman ini. Jangan sampai anda kehabisan buku ini karena stok sangat terbatas.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda. Bagikan kepada teman-teman bisnis anda yang lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 29766

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top