5 Kegunaan Sistem Bisnis Otomatis Untuk Pengembangan Usaha Anda

bisnis otomatis - domo academy

Kehadiran sistem bisnis otomatis bisa membantu keberlangsungan proses bisnis anda. Dengan adanya sistem bisnis otomatis, semuanya bisa berjalan sendiri tanpa perlu arahan anda sebagai pemilik bisnis. Selain itu, masih banyak lagi keuntungan yang bisa anda dapatkan dari mempunyai bisnis otomatis ini. Berikut adalah ulasan dari kami:

Keuntungan Menerapkan Bisnis Otomatis

bisnis otomatis - domo academy

1. Menghemat Waktu Anda dan Perusahaan

Tanpa anda sadari, pekerjaan yang serba manual akan memakan banyak waktu anda. Dengan menerapkan sistem bisnis otomatis ini, pekerjaan anda akan jadi teratur sehingga waktu yang digunakan menjadi lebih efisien.

Semua pekerjaan anda sudah diatur dengan baik dan jelas lewat job description anda. Selain itu, pekerjaan anda juga akan dipandu lewat SOP (Standard Operating Procedure). Anda hanya perlu mengikuti setiap langkah yang ditentukan sesuai dengan SOP. Adanya SOP yang jelas dan detail akan sangat memudahkan pekerjaan karyawan anda.

Pada akhirnya, saat pekerjaan karyawan anda berjalan secara efisien, target-target yang diukur lewat KPI (Key Performance Index) bisa dicapai dengan baik. Tanpa adanya alur pekerjaan yang baik, KPI akan sulit untuk dicapai.

2. Kualitas Terjaga

Penerapan bisnis otomatis akan membuat bisnis anda konsisten menjaga kualitas sehingga terus bisa memberikan yang terbaik. Hal ini dikarenakan adanya SOP yang menjadi standard anda untuk suatu produk / jasa. Dengan melakukan setiap langkah yang dijelaskan dalam SOP, itu artinya anda sudah berupaya untuk konsisten dalam menjaga kualitas dari produk / jasa yang bisnis anda tawarkan.

Bila SOP tidak diikuti dengan baik, bisa saja kualitas menjadi turun karena itu artinya prosedur yang dilakukan tidak sesuai standard kualitas yang telah anda tentukan. Ini akan berbahaya untuk bisnis anda. Pastikan setiap SOP yang ada diikuti oleh seluruh karyawan dan tim anda.

Kualitas yang terjaga serta konsistensi akan membuat customer anda tidak ragu untuk terus kembali ke bisnis anda. Dari yang tadinya hanya customer biasa, bisa saja menjadi customer loyal anda. Semua itu berkat konsistensi dan kualitas yang terus anda jaga sehingga selalu memberikan produk / jasa yang terbaik. Hal ini dapat meningkatkan tingkat kepercayaan masyarakat terhadap bisnis anda, sehingga nantinya akan semakin banyak customer baru yang datang ke Anda.

3. Perkembangan Bisnis Jadi Terukur

bisnis otomatis - domo academy

Perusahaan dapat berhasil dengan menerapkan strategi yang tepat. Anda perlu mengukur efektivitasnya secara teratur untuk melihat apakah strategi Anda berhasil. Salah satu metode yang bisa dipakai untuk mengukurnya adalah menggunakan KPI seperti yang sudah dijelaskan tadi.

Dengan adanya KPI, anda bisa mengukur kinerja karyawan sudah sesuai dengan target yang ditentukan atau belum. Bila memang belum tercapai, cari tau apa yang membuat karyawan tidak bisa mencapai KPI yang ditentukan. Apakah terjadi kesalahan dari sisi karyawan, sistem, atau fasilitas yang kurang mendukung kinerja, dll. Setelah anda menemukan akar masalahnya, segera fokus untuk mencari solusinya. Hal ini sangat diperlukan agar kinerja karyawan bisa semakin baik ke depannya, sehingga memberikan efek yang baik juga terhadap bisnis anda.

Sistem bisnis otomatis mendukung ini. Secara otomatis dapat merekam strategi, semua perubahan pendapatan dan pengeluaran perusahaan Anda, dan bahkan reaksi customer. Ini akan membantu Anda menentukan strategi yang paling tepat untuk mengembangkan bisnis Anda.

4. Pengambilan Keputusan Jadi Lebih Cepat

Adanya sistem bisnis otomatis akan membantu anda dalam proses pengambilan keputusan. Di zaman yang sangat dinamis ini, segala keputusan haruslah diambil dalam waktu yang cepat. Jika terlambat sedikit saja, mungkin bisa membuat bisnis anda tidak berkembang secara maksimal atau bahkan mengalami kerugian.

Sistem bisnis otomatis hadir sebagai penyedia data-data yang bisa anda gunakan untuk mengambil keputusan. Data yang digunakanpun bisa bersifat real time atau live, sehingga keputusan bisa saja diambil saat itu juga.

Ini membuat bisnis anda akan semakin kompetitif dan tidak ketinggalan tren yang sedang berkembang. Akan sangat disayangkan bila bisnis anda menjadi ketinggalan zaman karena proses pengambilan keputusan yang masih lama. Padahal sekarang sudah ada sistem bisnis otomatis yang bisa membuat proses pengambilan keputusan jadi lebih cepat.

5. Sistem Integrasi Meningkat

Untuk bisnis yang masih berskala kecil, mungkin adanya sistem bisnis otomatis bisa meningkatkan sistem integrasi antar divisi. Dengan adanya integrasi yang baik, seluruh tim dan karyawan bisa berjalan secara utuh mencapai tujuan yang sama.

Bila integrasi ini tidak dibangun dengan baik, maka bisa saja masing-masing dari tim dan karyawan anda berjalan sendiri-sendiri ke arah yang tidak jelas. Perkembangan bisnis anda menjadi tidak jelas juga ke arah mana, bahkan mungkin bisa saja ke arah yang tidak anda inginkan selama ini.

Untuk bisnis yang sudah berskala lebih besar, adanya sistem integrasi ini bisa saja berlaku untuk bisnis yang sudah memiliki banyak cabang. Walaupun secara lokasi terpisah-pisah, namun berkat adanya sistem integrasi yang baik, semuanya bisa tetap memberikan produk / jasa layanan yang terbaik untuk setiap cabang. Tidak ada cabang yang lebih jelek atau lebih bagus, semuanya bagus berkat kuatnya sistem integrasi yang anda bangun lewat sistem bisnis otomatis.

Baca Juga: Ini Dia 2 Cara Agar Uang Bekerja Untuk Kita

Itulah keuntungan yang bisa anda dapatkan bila anda menerapkan sistem bisnis otomatis ke dalam bisnis anda. Anda bisa mempelajari lebih dalam lagi mengenai bisnis otomatis ini di workshop “Business Autopilot Systemation” yang diadakan oleh Domo Academy. Di workshop ini, anda akan diajarkan bagaimana cara membangun sistem bisnis otomatis atau autopilot sehingga bisnis anda bisa berjalan sendiri tanpa perlu kehadiran anda.

Anda akan diajarkan langsung oleh dua praktisi bisnis yang sudah terbukti sukses membangun bisnis Dokter Mobil, mereka adalah Founder dan Co-Founder Dokter Mobil yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang. Semua ilmu yang akan dibagikan ke anda lewat workshop ini adalah ilmu yang praktis dan berdasarkan pengalaman mereka langsung, jadi bukan hanya bersifat teori saja. Semuanya akan dibagikan kepada anda tanpa ada yang ditutup-tutupi.

Akan ada banyak hal yang bisa anda pelajari disini seperti bagaimana cara membuat SOP, KPI, cara merekrut tim yang tepat, dan masih banyak lagi yang berkaitan dengan bisnis otomatis autopilot ini. Anda akan dibimbing langsung dan berhak mendapatkan sesi private coaching selama 2 jam dengan para mentor kami.

Oleh sebab itu, tunggu apalagi. Jangan lewatkan kesempatan belajar langsung yang luar biasa bermanfaat ini. Untuk informasi pendaftaran dan informasi lebih lengkapnya, segera hubungi Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini. Daftarkan diri anda sekarang karena slot sangat terbatas!

Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda untuk menambah pengetahuan anda mengenai bisnis otomatis. Jangan sungkan untuk membagikan artikel ini kepada rekan-rekan anda yang lain supaya mereka bisa merasakan manfaat yang sama.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 23888

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top