7 Tips Belajar Bisnis yang Hemat Waktu dan Biaya

tips belajar bisnis - domo academy

Di masa seperti ini, banyak orang yang mulai berkeinginan untuk memulai bisnis. Entah karena kondisi yang memaksa, adanya peluang baru yang muncul, atau sekedar ikut-ikutan. Kebanyakan orang ingin mulai bisnis, tapi tidak punya ilmu tentang bisnis. Mungkin dari mereka ada yang malas belajar karena mahal dan butuh waktu yang lama untuk bisa belajar bisnis. Padahal kenyataannya tidak seperti itu.

Disini, kami akan membahas 7 tips belajar bisnis yang bisa menghemat waktu dan biaya anda, sehingga anda bisa memulai bisnis dengan ilmu yang cukup.

Tips Belajar Bisnis yang Mudah Dilakukan

tips belajar bisnis - domo academy

1. Mulai Bisnis Berskala Kecil

Tips belajar bisnis yang pertama adalah anda bisa mulai belajar bisnis dengan cara langsung praktik di lapangan. Saat masih dalam proses belajar, bisnis yang dijalankan tidaklah harus yang besar. Anda bisa memulai bisnis dari skala yang kecil terlebih dahulu.

Contoh-contoh bisnis berskala kecil yang bisa anda mulai untuk belajar seperti bisnis online menjadi reseller & dropshipper. Kedua contoh bisnis tersebut bisa dimulai dari skala yang kecil dan tidak membutuhkan modal yang besar.

Dalam membangun bisnis, ada proses yang harus dilewati. Bisnis semata-mata tidak bisa langsung besar. Semua bisnis yang sudah besar, pasti berawal dari kecil terlebih dahulu. Dibutuhkan kerja keras dan komitmen untuk membangun bisnis yang awalnya kecil menjadi besar.

2. Tumbuhkan Pola Pikir Pebisnis

Saat anda memutuskan untuk memulai bisnis, itu artinya pola pikir anda harus segera diubah. Mungkin yang tadinya anda masih mempunyai pola pikir karyawan, saat anda menjadi pebisnis maka anda harus menanamkan pola pikir seorang pebisnis.

Pola pikir ini akan membantu anda untuk menjalankan bisnis ke arah yang lebih baik sehingga bisa semakin maju dan berkembang. Bila pola pikir yang anda miliki bukanlah pola pikir seorang pebisnis, ini akan mempengaruhi cara pandang anda terhadap proses yang terjadi dalam bisnis. Dengan sudut pandang seorang pebisnis, anda akan lebih menikmati proses perkembangannya dan siap untuk menghadapi segala macam risiko masalah yang mungkin muncul.

3. Buat Dream yang Tinggi

Kesuksesan dalam berbisnis dimulai dari mimpi. Buatlah mimpi yang setinggi mungkin. Jangan batasi diri anda dengan mimpi pendek. Tidak ada yang bisa membatasi anda untuk bermimpi.

Namun, satu hal yang perlu diingat adalah saat anda bermimpi yang tinggi, siapkan diri anda untuk menggapai mimpi tersebut. Akan ada banyak rintangan dan masalah yang muncul selama proses anda menggapai mimpi itu. Latih mental dan ketahanan anda dalam menghadapi setiap masalah. Akan ada saatnya dimana segala sesuatu tidak berjalan seperti apa yang anda inginkan.

Dengan mental dan ketahanan yang kuat, anda bisa menghadapi dan menyelesaikan setiap masalah itu dan tetap berada di jalur menuju mimpi anda.

4. Lakukan Riset

Anda perlu melakukan riset mengenai kondisi pasar yang akan anda targetkan. Anda perlu mengetahui siapa yang kira-kira menyukai produk / jasa anda, yang nantinya menjadi customer anda. Di zaman yang modern ini, banyak cara yang bisa dilakukan untuk melakukan riset. Salah satunya adalah memanfaatkan internet. Banyak data, insight, dan kebutuhan lainnya yang bisa anda dapatkan lewat internet.

Dengan melakukan riset yang baik, anda bisa menargetkan customer yang tepat. Bila yang anda targetkan tidak tepat, bisnis akan sulit untuk berkembang. Lewat riset yang baik, anda akan semakin mudah untuk melakukan pengembangan bisnis.

5. Komunitas Pebisnis

Saat anda sudah menjadi seorang pebisnis, bergaulah dengan pebisnis lainnya. Anda bisa bergabung dengan komunitas para pebisnis. Dengan bergabung ke dalam komunitas, banyak hal yang bisa anda dapatkan. Anda akan mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman lewat sharing satu sama lain antar pebisnis. Inilah yang menjadi modal tambahan untuk anda lebih mengembangkan bisnis. Pelajaran dan pengalaman yang telah anda dapat, bisa dipelajari lebih dalam atau mungkin bisa langsung diterapkan ke bisnis anda.

Selain pelajaran dan pengalaman, anda juga bisa membangun koneksi. Ini adalah hal yang sangat penting dimiliki oleh seorang pebisnis. Berawal dari koneksi ini, mungkin nantinya bisa menjadi partner dalam bisnis. Koneksi dan relasi yang luas akan sangat membantu anda dalam mengembangkan bisnis.

Baca Juga: 5 Cara Membuat Konsep Bisnis Sederhana Untuk Pemula

6. Ikut Workshop Tentang Bisnis

Tips belajar bisnis berikutnya adalah anda bisa mengikuti seminar / workshop tentang bisnis. Lewat workshop ini, anda bisa belajar banyak pengetahuan tentang bisnis dari mentor atau praktisi bisnis yang lebih berpengalaman dalam dunia bisnis. Selain itu, dengan mengikuti workshop ini anda juga bisa membangun koneksi dengan peserta lain atau mentor-mentor yang ada.

7. Baca Buku Perihal Bisnis

tips belajar bisnis - domo academy

Buku adalah jendela dunia. Lewat membaca buku, anda bisa belajar banyak hal. Sediakan waktu untuk membaca buku karena informasi dan pengetahuan yang tertulis dalam buku akan jauh lebih lengkap.

Salah satu rekomendasi buku belajar bisnis yang bisa kami rekomendasikan adalah “Business Starting Systemation” karya Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang. Mereka adalah Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil. Buku ini sangat cocok untuk anda pebisnis pemula. Banyak hal yang diajarkan lewat buku ini seperti bagaimana membuat bisnis anda bisa menjadi bisnis yang sukses dan unggul, bagaimana cara menghasilkan omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat, dan masih banyak lagi ilmu-ilmu yang dituliskan dalam buku ini.

Semua ilmu yang diajarkan dalam buku ini berdasarkan pengalaman para penulis membangun Dokter Mobil. Pengalaman mereka selama bertahun-tahun membangun bisnis Dokter Mobil, semuanya dirangkum ke dalam karya ini. Jadi apa yang diajarkan sudah terbukti bisa menghasilkan bisnis yang sukses dan unggul. Tidak hanya itu, buku ini memang dirancang untuk anda pebisnis pemula. Bahasa dan pembahasan yang digunakan bersifat sederhana dan praktis, jadi bisa langsung anda terapkan ke dalam bisnis.

Dengan membaca buku ini, anda bisa membangun bisnis yang terus berkembang. Jadi tidak hanya berani memulai bisnis, tapi harus diimbangi juga dengan ilmu yang bisa mendukung perkembangan bisnis anda. Selain itu, anda bisa menghemat waktu dan biaya juga. Anda tidak perlu mengulangi lagi kesalahan yang mungkin bisa memakan banyak biaya dan menyita waktu anda. Masih banyak tips belajar bisnis lainnya yang bisa anda dapatkan di buku ini.

Untuk itu tunggu apa lagi? Segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” ini melalui Whatsapp yang tersedia di kanan bawah halaman ini. Akan ada banyak hal yang bisa anda dapatkan dari buku ini. Jangan sampai kehabisan karena stok sangat terbatas!

Sekian tips belajar bisnis yang bisa kami bagikan untuk anda. Semoga tips belajar bisnis ini bisa bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk membagikan tulisan ini agar orang lain bisa mendapatkan manfaat yang sama dengan anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 31555

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top