4 Keuntungan Menerapkan Sistem Bisnis Dalam Usaha Anda

sistem bisnis - domo academy

Seorang entrepreneur pasti ingin bisnisnya selalu berkembang. Salah satu cara agar bisnis bisa berkembang adalah dengan menerapkan sistem bisnis. Sistem ini yang akan menjalankan bisnis dengan baik, dengan begitu owner bisnis bisa memfokuskan diri ke hal lain. Itulah yang disebut sistem bisnis yang autopilot. Sistem bisnis ini yang akan membantu anda mencapai tujuan secara optimal, efisien, dan efektif.

Mari bersama-sama ketahui keuntungan yang bisa anda dapat dari menerapkan sistem bisnis ini.

Benefit Dari Pengaplikasian Sistem Bisnis

sistem bisnis - domo academy

1. Terbentuk Budaya Kerja Perusahaan

Lewat sistem bisnis, akan terbentuk budaya kerja yang optimal, efisien, dan efektif. Saat anda mulai membuat sistem bisnis, artinya anda mulai perlu menyiapkan SOP (Standard Operating Procedure), KPI (Key Performance Index), dan Job Description yang jelas untuk setiap karyawan anda.

Adanya SOP, KPI, dan Job Description yang jelas, akan membentuk pola kerja yang efisien. Hal ini dikarenakan semuanya sudah diatur lewat SOP yang telah anda buat, jadi karyawan hanya perlu mengikuti SOP tersebut dengan baik. Saat anda membuat SOP, anda pasti sudah memikirkan SOP yang bisa membuat kerja karyawan jadi lebih cepat dan efisien. Maka itulah yang nantinya akan tercipta dalam bisnis anda.

Bagaimana anda tahu kalau kerja karyawan tersebut sudah efisien? Anda tinggal menilai kinerja mereka menggunakan KPI yang sudah anda buat. Adanya KPI akan memudahkan anda sebagai pemilik bisnis untuk mengukur apakah kinerja karyawan sudah sesuai atau belum. Bila belum sesuai, maka dalam hal apa yang harus ditingkatkan lagi.

Sistem bisnis itulah yang nantinya akan membentuk budaya kerja di bisnis atau perusahaan anda. Tanpa adanya sistem bisnis, budaya kerja akan terbentuk secara natural yang mungkin saja tidak sesuai dengan apa yang menjadi keinginan anda. Dengan bantuan sistem bisnis, anda bisa lebih mengontrol budaya kerja yang tercipta.

2. Produk / Jasa Dari Bisnis Anda Jadi Lebih Baik

Ini merupakan salah satu hasil dari pembahasan di atas tentang budaya kerja dalam perusahaan. Ketika kinerja karyawan bisa optimal, efisien, dan efektif berkat adanya SOP, KPI, dan Job Description yang jelas, maka output yang dihasilkan adalah kualitas produk / jasa yang semakin baik.

Kualitas produk bisa meningkat jika dinilai mungkin dari efisiensi produksi, metode penyimpanan, dan menjaga kualitas produk tetap yang terbaik. Sedangkan dari sisi jasa, mungkin proses pengerjaan jadi lebih cepat, lebih rapi, namun tetap kualitas yang diberikan tidak menurun.

Dengan adanya sistem bisnis, perusahaan anda akan jadi semakin berkembang yang diiringi dengan semakin baiknya produk / jasa dari bisnis anda.

3. Lebih Bersaing Dalam Jangka Panjang

Adanya sistem bisnis akan membuat bisnis anda akan terus berkembang, asalkan sistem tersebut selalu diperbarui secara berkala. Mungkin bisa setahun sekali, atau dalam jangka waktu tertentu sesuai dengan kebutuhan anda. Dengan melakukan evaluasi secara berkala, sistem akan terus berkembang. Perkembangan sistem ini tentunya harus diikuti juga dengan perkembangan dari karyawan dan tim yang menjalankannya.

Bila sistem sudah maju, tapi karyawan dan tim tidak bisa menjalankannya, semua akan jadi sia-sia. Oleh sebab itu selain pengembangan sistem, dibutuhkan juga pengembangan kompetensi dari karyawan dan tim yang menjalankannya.

Ketika anda terus rutin melakukan kedua hal ini, bisnis anda akan terus berkembang, bahkan bisa bertahan dalam jangka waktu yang panjang. Jangan pernah lelah untuk melakukan pengembangan, baik dari segi sistem maupun sumber daya yang menjalankannya. Hal itu akan berimbas baik untuk keberlangsungan bisnis dalam jangka panjang.

4. Tim yang Solid dan Karyawan yang Loyal

sistem bisnis - domo academy

Seperti yang sudah dijelaskan lewat point-point sebelumnya, adanya sistem bisnis akan membawa banyak pengaruh baik khususnya untuk karyawan dan tim anda. Dengan sering melakukan pelatihan dan evaluasi, kemampuan karyawan dan tim anda terus bertambah.

Selain itu, jangan lupa untuk bangun kekompakan dalam tim anda. Tim dengan kompetensi yang tinggi tapi tidak bisa kompak saat menjalankan bisnis anda, akan jadi sia-sia. Adakan gathering atau kegiatan-kegiatan seru yang bisa meningkatkan kekompakan dan rasa kekeluargaan antara tim dan karyawan anda. Harapannya setelah mengikuti gathering ini, tim akan menjadi semakin solid sehingga bisa saling bantu saat ada masalah yang muncul dalam bisnis yang dijalankan.

Saat ini sudah terjadi, bisnis akan jadi lebih terjaga dan anda bisa menjadi lebih tenang karena sudah ada tim handal yang anda percayai untuk mengatasi masalah tersebut. Anda sebagai pemilik bisnis tidak perlu lagi menjadi pemadam kebakaran. Ini semua terjadi berkat anda menerapkan sistem bisnis.

Tanpa sistem bisnis yang kuat, bisa saja anda harus terus hadir dalam bisnis sebagai superman atau pemadam kebakaran. Sungguh melelahkan untuk selalu hadir sebagai pemadam kebakaran dalam bisnis anda.

Baca Juga: Implementasi Sistem Autopilot Dalam Bisnis? Ini 8 Blueprintnya!

Itulah keuntungan yang bisa anda dapatkan dari penerapan sistem bisnis ke dalam usaha yang sedang anda jalankan sekarang. Sebenarnya, masih banyak lagi keuntungan yang bisa anda peroleh dari menerapkan sistem bisnis ini. Pelajari lebih banyak mengenai sistem bisnis ini dengan mengikuti workshop “Business Autopilot Systemation” dari Domo Academy.

Dalam workshop ini, anda akan diajarkan bagimana cara membangun sistem bisnis agar bisnis anda bisa berjalan secara autopilot. Dengan bisnis yang autopilot, anda tidak perlu lagi menjadi pemadam kebakaran setiap ada masalah yang muncul. Semuanya akan bisa diatasi oleh super team anda.

Workshop yang akan dibawakan oleh Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil, yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang. Anda akan berkesempatan untuk diajar langsung dari praktisi bisnis yang sudah sukses menerapkan sistem bisnis yang autopilot di Dokter Mobil. Semua yang diajarkan berdasarkan pengalaman mereka, jadi bukan hanya teori-teori saja yang dibagikan melainkan sudah ada hasil nyatanya.

Di workshop ini anda akan dipandu langkah demi langkah agar bisa mulai membangun sistem bisnis secara autopilot ke dalam bisnis anda. Tanpa bimbingan dari orang yang tepat, membangun sistemasi bisnis merupakan hal yang cukup sulit. Tetapi jangan khawatir, karena kedua praktisi ini adalah orang yang tepat, yang bisa membantu anda dalam mensistemasi bisnis.

Jangan sampai anda melewatkan kesempatan yang luar biasa ini untuk belajar langsung dari kedua sosok hebat di balik bisnis Dokter Mobil. Untuk informasi lebih lengkap dan pendaftaran, langsung hubungi Whatsapp kami yang tersedia di bagian kanan bawah halaman ini. Kursi terbatas, segera daftar sekarang juga!

Semoga artikel ini bisa memberikan banyak manfaat untuk anda. Jangan lupa juga untuk membagikan tulisan ini kepada teman-teman bisnis anda yang masih belum menyadari keuntungan dari menerapkan sistem bisnis ke dalam usahanya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 26999

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top