7 Pertanyaan Seputar Bisnis Di Masa Pandemi

pertanyaan seputar bisnis - domo academy

Kondisi pandemi masih menyelimuti Indonesia sekarang ini. Ini berarti bahwa semua perusahaan atau bisnis telah menghadapi efek kelumpuhan aktivitas selama beberapa bulan bahkan tahun. Banyak pertanyaan seputar bisnis yang muncul selama pandemi. Inilah sebabnya mengapa pemilik bisnis membutuhkan taktik dan tindakan cepat untuk menyelamatkan bisnis mereka.

Tidak ada pemilik bisnis yang siap menghadapi pandemi. Begitu banyak pengusaha masih tidak tahu harus berbuat apa. Untuk dapat bertahan, anda perlu berpikir matang-matang terlebih dahulu sebelum mengambil tindakan. Sebagai pemilik bisnis yang terkena dampak dari pandemi ini, anda perlu tau kira-kira apa saja yang harus anda ekstra perhatikan agar bisnis bisa tetap bertahan selama pandemi ini masih terjadi.

Berikut adalah 7 pertanyaan seputar bisnis yang sudah kami rangkumkan untuk anda. Silahkan pelajari dan jawab dengan baik.

Pertanyaan Seputar Bisnis Saat Pandemi

pertanyaan seputar bisnis - domo academy

1. Bagaimana Status Untung dan Rugi Bisnis Anda?

Jawaban atas pertanyaan ini lebih dari sekadar menebak untung atau rugi. Anda perlu mengetahui secara detail seberapa besar kerugian yang dialami atau dapat dirasakan oleh bisnis anda selama masa pandemi. Mengingat lingkungan yang tidak pasti yang disebabkan oleh virus corona, jika bisnis Anda benar-benar macet, jangan terlalu banyak memaksakan untuk terus kejar omset yang besar. Untuk beberapa waktu, anda perlu mengubah cara berpikir terhadap bisnis anda dari bertumbuh menjadi bertahan.

2. Bagaimana Status Dana Darurat Bisnis Anda?

Saat mempertimbangkan dana darurat, Anda juga perlu mempertimbangkan berapa lama dana tersebut dapat terus dijalankan. Bulan? Tiga bulan? Atau bisa sampai 6 bulan? Umur panjang ini menjadi dasar pengambilan keputusan tentang pemeliharaan, penghentian, dan bahkan perubahan produk bisnis.

3. Apakah Perusahaan Anda Memiliki Aset Likuid?

Usahakan anda mempunyai data investaris yang lengkap mengenai semua aset bisnis Anda. Ini adalah cara yang bagus untuk mengamankan nilai aset lancar dari bisnis Anda. Aset lancar dapat berupa kas, piutang usaha, persediaan, perlengkapan, wesel tagih, beban biaya dibayar di muka, investasi jangka pendek, dan pendapatan.

Anda bisa melakukan perputaran uang dengan aset lancar yang anda miliki, hal ini diperlukan agar bisnis Anda dapat bertahan. Jika aset lancar tidak dapat menutupi biaya produksi atau utang, anda bisa memeriksa kondisi aset tetap, aset tidak berwujud, atau investasi jangka panjang yang anda miliki. Anda harus mempertimbangkan kira-kira aset mana yang harus dikorbankan lebih dahulu.

4. Apakah Kondisi Keuangan Karyawan Anda Baik?

Dalam situasi ini, anda diharapkan untuk tetap memperhatikan nasib dari karyawan-karyawan anda. Jika memungkinkan, jelaskan secara transparan segala sesuatu yang mempengaruhi karyawan dan keberlangsungan bisnis.

Jika keuangan perusahaan anda tidak dapat menutupi pembayaran gaji karyawan, beri tahu karyawan mereka dengan baik-baik dan berikan solusi yang baik. Jika anda kesulitan membuat keputusan, libatkan mereka dan pilih beberapa opsi terbaik. Pilihan memang sulit, tetapi di masa pandemi saat ini, pengambilan keputusan bisa menjadi pilihan terbaik bagi perusahaan dan karyawannya.

5. Bagaimana Produk Anda Dapat Memenuhi Permintaan Pasar Saat Ini?

Pertama, periksa apakah produk dan layanan yang ditawarkan bisnis anda saat ini masih penting bagi konsumen. Jika tidak, pikirkan apa yang dibutuhkan banyak orang sekarang.

Anda bisa coba untuk meneliti dan mengembangkan inovasi produk agar bisnis anda dapat memenuhi tuntutan dan kebutuhan pasar. Ketika bisnis anda dapat memasuki tahap ini, fokus anda dapat kembali dari bertahan menjadi bertumbuh.

Bila anda memiliki produk bisnis yang saat ini sulit untuk dijual, mohon jangan dipaksakan. Mencoba keberuntungan lain dalam bisnis anda mungkin merupakan langkah yang tepat. Seperti restoran yang menjual makanan beku atau kedai yang mulai memanfaatkan cloud kitchen.

6. Bagaimana Pelanggan Dapat Membeli Produk Anda?

PPKM membatasi aktivitas dan menjadikan belanja online sebagai solusi utama untuk memenuhi kebutuhan. Jika sebelumnya bisnis anda offline, kini coba ubah dan kembangkan bisnis online anda.

Selain itu, penjualan langsung juga dapat menyebabkan peningkatan penjualan pada saat ini. Contoh penjualan langsung sederhana adalah pesan yang diblast ke pelanggan atau kerabat melalui aplikasi seperti Whatsapp.

Anda perlu memberi tau bahwa bisnis anda masih ada dan dapat dihubungi di saluran mana pun. Dengan cara ini, anda dapat dengan cepat memperluas distribusi dan juga informasi tentang produk dari bisnis anda semakin luas.

7. Langkah Apa yang Harus Anda Ambil Jika Anda Terpaksa Menutup Bisnis?

pertanyaan seputar bisnis - domo academy

Pertanyaan seputar bisnis di masa pandemi terakhir adalah apa yang harus dilakukan jika bisnis terpaksa tutup? Sebagai pemilik bisnis, anda harus selalu siap dengan berbagai risiko yang mungkin timbul dalam berbisnis. Salah satu risiko terburuk adalah kebangkrutan dan penutupan bisnis. Pahami bahwa kegagalan bisnis hari ini bukanlah tanda bahwa anda tidak akan berhasil dalam hidup.

Pastikan anda telah membereskan segala urusan yang berkaitan dengan bisnis itu sebelum memutuskan untuk menutupnya. Mulai dari masalah internal atau eksternal. Jaga hubungan yang baik dengan mereka.

Saat anda sudah merasa lebih tenang, berpikirlah positif dengan melihat pelajaran apa yang bisa anda ambil dari kegagalan ini. Terus mencoba memperdalam pengetahuan bisnis anda melalui buku, workshop, atau sarana belajar lainnya dan persiapkan rencana baru.

Baca Juga: 9 Buku Belajar Bisnis yang Paling Direkomendasikan Buat Pebisnis Pemula

Berbicara mengenai buku, kami dari Domo Academy menghadirkan buku “Business Starting Systemation”. Buku yang ditulis oleh Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil, yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang. Dalam buku ini, mereka menjelaskan pengalaman yang mereka alami selama membangun Dokter Mobil. Bahkan di tengah pandemi seperti ini, Dokter Mobil malah berhasil dalam melakukan ekspansi besar-besaran. Penasaran cara seperti apa yang mereka gunakan agar bisa ekspansi besar-besaran walaupun di tengah pandemi?

Segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang tersedia di kanan bawah halaman ini. Stok sangat terbatas, jangan sampai anda kehabisan dan melewatkan ilmu yang sangat berharga ini. Ilmu yang diajarkan sudah terbukti bisa bertahan di masa yang serba sulit ini, dibuktikan lewat bisnis Dokter Mobil.

Setelah anda menjawab 7 pertanyaan seputar bisnis di masa pandemi ini, saatnya untuk mulai mengambil tindakan dan langkah yang tepat untuk bisnis anda. Musim pandemi tentu menghambat aktivitas bisnis anda. Namun pikiran dan perilaku seorang pebisnis harus tetap aktif. Sehingga bisnis anda dapat menemukan cara terbaik untuk menghadapi situasi ini.

Semoga artikel pertanyaan seputar bisnis ini bermanfaat untuk anda. Jangan lupa untuk membagikan tulisan tentang pertanyaan seputar bisnis di masa pandemi ini kepada rekan-rekan anda yang terdampak bisnisnya selama masa pandemi. Semoga lewat artikel ini, kondisi bisnis anda dan teman-teman lainnya bisa semakin membaik.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 23999

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top