Patut Dicoba, Inilah 7 Peluang Bisnis untuk Pemula Terbaru 2021

peluang bisnis untuk pemula - domo academy

Menemukan peluang bisnis untuk pemula mungkin bisa dikatakan gampang-gampang susah. Gampang, karena dukungan perkembangan teknologi komunikasi memudahkan setiap orang menemukan berbagai informasi yang diperlukan. Susah, karena menemukan celah dari ketatnya persaingan dan kepekaan dalam memahami apa yang diinginkan pasar. Lantas, apakah Anda harus mengurungkan niat untuk memulai langkah terjun ke dunia bisnis?

7 Peluang Bisnis untuk Pemula yang Layak Dipertimbangkan

peluang bisnis untuk pemula - domo academy

Harus diakui, ketatnya persaingan tak jarang membuat sebagian orang terus membatalkan niatnya berbisnis. Melihat agresifnya kompetitor serta keterbatasan modal juga semakin memperburuk mental. Namun dengan niat yang kuat dan langkah yang tepat, bukan tidak mungkin siapapun mengkonversi peluang bisnis untuk pemula menjadi kesuksesan.

Nah, apabila Anda juga merasakan hal sama, buntu dalam memulai langkah berbisnis, berikut ini ada beberapa peluang bisnis untuk pemula yang mungkin masuk dengan kriteria Anda.

1. Warung Kopi (Angkringan)

Jika dilihat-lihat, belakangan ini kebiasaan ngopi sudah bukan lagi hanya untuk kalangan menengah ke bawah saja. Ya, saat ini ngopi sudah mulai jadi rutinitas masyarakat dari setiap kalangan. Dan bukan tidak mungkin, Anda mampu membaca peluang dari kecenderungan ini bukan?

Membuka usaha warung kopi atau angkringan sebagai tempat hangout kekinian bisa jadi peluang yang menjanjikan. Bisnis ini menawarkan potensi penghasilan dari omzet harian yang terbilang lumayan. Semakin lengkap dagangan Anda di warung, maka bisa semakin tinggi pula keuntungan yang bisa diharap.

Selain itu, bisnis ini juga bisa dikatakan membutuhkan modal yang bersahabat. Besaran modal bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kondisi. Modal paling besar yaitu tempat, yang bisa menggunakan lahan kosong di rumah atau menyewa. Sementara untuk perlengkapan seperti bangku meja, gerobak dan masih banyak lagi bisa disesuaikan lagi dengan anggaran.

Untuk menarik minat pelanggan dan bersaing dengan cafe, Anda bisa melengkapi angkringan dengan fasilitas seperti WiFi, tempat charger, sound, gitar atau papan catur. Selain itu Anda juga perlu mempertimbangkan menu yang lengkap, harga terjangkau serta tempat yang nyaman. Sesekali ikut mengobrol dengan pelanggan untuk memberikan kesan ramah.

2. Food Truck

Peluang bisnis untuk pemula selanjutnya adalah food truck. Bisnis makanan keliling dengan konsep food truck ini mungkin lebih populer di kota-kota besar. Namun demikian, tingkat persaingan untuk bisnis macam ini mungkin bisa dikatakan masih bisa ditoleransi oleh pemula. Terlebih jika Anda memiliki nilai jual tersendiri untuk meenangkan persaingan.

Dan jika Anda tidak tinggal di kota besar, peluang pun semakin terbuka lebar. Anda bisa mulai mengenalkan konsep kedai berjalan ini dengan daya tarik spesial. Sediakan aneka menu menarik kekinian seperti jajanan, makanan berat dan minuman. Selain itu, Anda juga bisa membuat tampilan bisnis Anda semain menarik dengan tampilan mobil lawas yang cacthy dan instagrammable. Seiring waktu Anda juga bisa melengkapi perkakas seperti meja atau kursi dengan tampilan yang serasi.

3. Waralaba (Franchise)

Mungkin Anda juga sudah tak asing lagi dengan istilah waralaba atau franchise ini? Bisnis ini juga banyak dipilih oleh pemula untuk mengawali langkahnya karena berbagai kemudahan yang bisa dirasakan. Hal ini karena bisnis ini menjalankan kerjasama atau kemitraan sehingga Anda tak perlu repot untuk melakukan pemasaran, cukup jalankan bisnisnya.

Ya, biasanya perusahaan besar yang menawarkan waralaba merupakan bisnis yang sudah terkenal dan menjalankan promosi dalam skala besar. Oleh karena itu, Anda sebagai mitra bisa lebih fokus dalam menjalankan usaha dan mempelajari hal yang terjadi. Sementara itu, keuntungan yang bisa didapat dari program kemitraan ini pun juga tetap terhitung menguntungkan.

Sejatinya, usaha waralaba ini sudah bukan lagi hal baru di Tanah Air. Namun banyak masyarakat yang enggan bergabung karena beranggapa bahwa bisnis dengan label brand besar akan memerlukan modal yang tinggi. Nah, belakangan ini semakin banyak perusahaan yang menawarkan kemitraan dengan modal yang lebih terjangkau.

Anda mungkin hanya perlu menemukan franchise apa yang mungkin cocok dengan kriteria Anda. Mencari perusahaan yang menawarkan kemitraan bisa didasarkan pada minat Anda atau berdasarkan kebutuhan dan keinginan masyarakat di sekitar. Setelah itu, segera hubungi perusahaan untuk mendapatkan detail lebih lanjut tentang program waralaba yang ditawarkan.

4. Jasa Titip (Jastip)

Salah satu peluang bisnis untuk pemula yang juga bisa Anda pertimbangkan saat ini adalah menyediakan layanan jasa titip. Sesuai dengan namanya, Anda menawarkan jasa membelikan barang tertentu kemudian mengirimkannya ke alamat pemesan dengan imbalan berupa uang tip. Terkesan sederhana sekali bukan? Mirip dengan membuka pre-order.

Misalnya jika Anda hidup di luar negeri dan memiliki banyak kenalan di Tanah Air yang mungkin tertarik dengan barang-barang di sana. Anda pun bisa mulai menawarkan jasa titip beli kepada kenalan Anda. Begitu pula jika Anda tinggal di kota besar dan punya daftar kenalan yang mungkin berminat dengan barang-barang yang ada sekitar Anda.

Untuk menjalankan bisnis ini, Anda mungkin bisa memanfaatkan marketplace sebagai mekanisme pambayaran. Atau jika kenalan Anda memang dari kalangan sendiri yang sudah percaya, bisa langsung menawarkan barang dan memberikan nomor rekening Anda untuk pembayaran awal.

5. Laundry

Bisnis cuci pakaian ini memang sudah bukan hal baru bagi masyarakat Indonesia. Walau begitu, posisinya sebagai sebuah bisnis yang menarik bagi pemula, tetap bisa dipertimbangkan. Ya, permintaan akan jasa laundry seakan tak pernah surut seiring perubahan gaya hidup masyarakat. Keseharian serba sibuk di lingkungan perkantoran, perumahan ataupun kosan mahasiswa bisa jadi peluang tersendiri yang patut dimanfaatkan.

Untuk menghadirkan layanan yag lebih bersaing, Anda bisa melengkapi usaha laundry Anda dengan fasilitas tambahan. Misalnya, selain cuci dan setrika, Anda juga bisa menambah layanan cuci karpet, cuci sepatu ataupun cuci tas. Namun ingat, sebelum menyediakan layanan tambahan semacam ini, Anda juga harus memiliki pengetahuan dan alat yang diperlukan. Tujuannya agar tak mengecewakan konsumen.

6. Penitipan Anak

peluang bisnis untuk pemula - domo academy

Kesibukan juga tak jarang membuat pasangan milenial tak punya waktu mengasuh anak. Ya, tuntutan ekonomi tak jarang membuat ayah dan ibu harus bekerja seharian penuh. Tentu saja, hal ini bisa menjadi peluang yang juga bisa Anda manfaatkan.

Anda bisa menawarkan layanan jasa penitipan anak, sebuah layanan yang bisa menjadi solusi  bagi pasangan yang harus bekerja penuh di kantor. Namun sebaiknya, usaha yang bisa Anda jalankan di rumah ini tetap harus memperhatikan aspek pengasuhan yang baik pula. Jika Anda adalah orang yang suka dengan dunia anak, bukan tidak mungkin jasa penitipan anak ini menjadi peluang usaha yang patut diperhitungkan.

Untuk membidik peluang bisnis untuk pemula yang satu ini, Anda bisa memulai dari tetangga atau orang-orang terdekat terlebih dulu. Semakin banyak orang yang puas dengan layanan Anda, maka usaha Anda akan semakin dikenal dan lebih banyak lagi orang yang tertarik dengan layanan Anda. Usaha ini juga tak perlu banyak modal karena biasanya para orang tua sudah menyiapkan segala kebutuhan anaknya.

Baca Juga: 7 Cara Mencari Peluang Bisnis Dimasa Pandemi

7. Layanan Jasa Lainnya

Atau jika Anda bukan kategori orang yang punya cukup energi untuk mengasuh anak, bisa mencoba menawarkan jasa lain yang Anda kuasai. Misalnya, Anda memiliki keahlian dan alat di bidang fotografi, desain grafis, make-up dan lain sebagainya. Ya, saat ini semakin banyak orang yang mencari penyedia jasa dari internet. Dengan kata lain, peluang mendapat klien pun bisa dari mana saja.

Anda bisa mulai memperkenalkan diri dengan memamerkan hasil kerja atau portofolio di media sosial, blog pribadi ataupun website. Atau jika Anda tak keberatan, tawarkan saja dulu layanan Anda secara gratis kepada orang-orang terdekat. Oiya, tak jarang pula layanan jasa ini juga berawal dari hobi Anda pribadi loh.

Itulah tadi beberapa peluang bisnis untuk pemula yang bisa jadi pertimbangan Anda. Untuk menentukan mana yang jadi pilihan ideal, mungkin Anda akan memerlukan keterampilan khusus. Ya, bahkan untuk menjadi pemula sekalipun, Anda akan memerlukan bekal untuk menentukan langkah selanjutnya.

Untuk itu, Anda bisa memanfaatkan sekolah bisnis seperti Domo Academy yang membantu Anda dalam mempelajari berbagai hal tentang dunia bisnis. Anda bisa belajar mulai dari bagaimana mengawali usaha hingga tahap lanjut. Sekolah ini juga menawarkan sejumlah kelas pendukung untuk memperkaya pengetahuan dan kemampuan Anda agar lebih kompetitif.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 8552

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top