7 Cara Mencari Peluang Bisnis Dimasa Pandemi

peluang bisnis dimasa pandemi - domo academy

Banyak bisnis yang merugi atau bahkan gulung tikar karena pandemi 2 tahun belakangan ini. Hal inilah yang membuat banyak orang frustrasi ketika akan memulai bisnis kembali. Perasaan was-was dan sulitnya menemukan peluang bisnis dimasa pandemi yang baru menjadi salah satu alasan mengapa tidak banyak orang berani berbisnis kembali setelah merugi.

Padahal sesungguhnya ada banyak sekali bisnis baru yang mungkin akan lebih menarik dan menguntungkan untuk dicoba setelah masa pandemi ini. Lalu bagaimana cara untuk mendapatkan peluang dimasa pandemi yang masih berlangsung saat ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Peluang Bisnis Dimasa Pandemi Dari Kebutuhan Masa Kini

peluang bisnis dimasa pandemi - domo academy

Perlu diketahui, adanya Covid 19 memang berdampak pada hal yang sangat luas. Pertama banyak orang mulai khawatir untuk bersosialisasi yang mana merupakan kebiasaan manusia pada umumnya. Hal ini membuat era ini bisa disebut sebagai era baru.

Perlu diperhatikan juga era baru artinya kebiasaan baru. Hal ini juga sedikit banyak akan berdampak pada kemunculan kebutuhan-kebutuhan baru. Hal inilah yang membuat peluang bisnis dimasa pandemi mungkin berbeda dengan peluang bisnis di masa yang lalu. Beda era beda juga kebutuhannya.

Untuk tahu peluang terbaik di masa pandemi ini, pastikan Anda tahu apa saja kebutuhan dari calon konsumen Anda. Bisa dibilang saat ini adalah era di mana bidang kesehatan sangat dibutuhkan. Hal inilah yang membuat peluang bisnis di bidang kesehatan lebih banyak dibutuhkan. Misalnya masker, hand sanitizer dan juga sabun cuci tangan adalah beberapa produk yang mendapatkan perhatian dan memiliki peluang besar saat ini.

1. Lakukan inovasi

Bukan hanya itu, produk-produk lain yang mendukung juga bisa dijadikan sebagai ide atau peluang bisnis di masa pandemi. Contohnya adalah pouch anti air, atau produk fashion gaya baru seperti jilbab masa kini yang memiliki bagian telinga terbuka untuk memudahkan penggunaan masker.

Dari sini kita bisa lihat bahwa peluang bisnis untuk ragam keperluan masih ada, hanya saja dibutuhkan kreativitas dan inovasi untuk bisa mendapatkan peluang yang besar di era pandemi seperti sekarang ini.

2. Jadikan masalah sebagai ide bisnis

Cara lain untuk melihat peluang di era pandemi ini adalah dengan melihat apa saja masalah dan perasaan yang tidak nyaman yang Anda rasakan sekarang. Sebuah era baru menyebabkan tantangan baru. Hal inilah yang membuat peluang baru makin besar dan makin mudah untuk dicari.

Seperti pada zaman lampu belum ada. Gelap gulita menjadi masalah sehingga para ilmuan mencari benda yang bisa bercahaya dengan tenaga cadangan. Hal ini bisa kita lihat kembali di era pandemi ini. Ada banyak sekali hambatan dan kekurangannya. Oleh karena itu, jadikan hambatan tersebut sebagai sebuah cara untuk melihat peluang bisnis baru.

3. Pikirkan ketika masa pandemi usai

Ketika Anda sedang mencari peluang bisnis dimasa pandemi, jangan hanya berpaku pada tren yang terjadi masa kini. Membangun bisnis yang beradaptasi dari pandemi adalah hal yang benar, akan tetapi jika bisnis Anda hanya bertahan di masa pandemi maka hal ini bisa jadi pilihan salah.

Misalnya, Anda membuat usaha di mana Anda menjual masker dan hand sanitizer dengan harga murah. Ya, hanya 2 produk itu saja. Ini adalah sebuah pilihan yang salah. Mengapa? Karena pada saat pandemi usai, produk-produk tersebut akan tetapi dibutuhkan tetapi tidak menjadi keutamaan.

Ketika pandemi usai dan produk yang Anda utamakan hanya kedua produk ini saja maka akan sulit bagi Anda untuk bertahan di era pasca pandemi. Kita tahu Covid 19 bukan main-main dan kita tidak tahu kapan pandemi ini akan berakhir. Akan tetapi jika keajaiban terjadi dan masa pandemi ini berlalu, Anda akan mendapatkan kejutan lagi untuk bisnis Anda.

Jika Anda tidak mau hal ini terjadi, maka mulailah berpikir untuk memperkenalkan produk baru yang sama kuatnya dengan produk era pandemi Anda. Hal ini sangat penting agar brand Anda tidak hanya dikenal sebagai brand yang bermanfaat untuk digunakan di masa pandemi saja.

4. Cari peluang berhubungan dengan hobi

Di era pandemi, banyak orang kembali ke rumah mereka. Hal ini membuat makin banyak orang-orang yang kembal pada hobi mereka. Meski saat ini sudah makin banyak orang yang kembali ke kehidupan normal, akan tetapi hobi tetap banyak diminati. Mengapa? Karena di era dengan stresor tinggi seperti sekarang ini hobi adalah satu-satunya pelarian mengingat Covid 19 belum benar-benar tuntas.

Peralihan hobi ini harus diperhatikan dengan seksama. Misalnya dahulu banyak orang hobi nongkrong setelah bekerja, kini makin banyak orang yang lebih menyukai kegiatan olahraga. Hal ini adalah salah satu peluang yang harus Anda kenali dan gunakan sebagai senjata ketika ingin memulai bisnis dan sukses di dalam bisnis Anda.

Akan lebih baik jika Anda memulai bisnis yang berhubungan dengan hobi Anda juga. Mengapa? Karena makin dalam Anda menyukai hobi tersebut, Anda tahu apa yang dibutuhkan oleh orang-orang dari hobi tersebut dan bahkan membuat inovasi. Dengan begitu lebih mudah bagi Anda untuk menentukan produk seperti apa yang akan Anda perkenalkan ke calon konsumen Anda.

Baca Juga: Hal Menarik Apa yang Diperoleh Dari Belajar Bisnis di Sekolah Bisnis?

5. Cari peluang pada kebutuhan pokok

Kebutuhan pokok seperti persediaan makanan atau kebutuhan primer lainnya adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Manusia tidak bisa berhenti makan karena makanan menjaganya tetap hidup. Hal inilah yang harus diperhatikan dalam memulai usaha.

Memulai bisnis di bidang bahan-bahan pokok bisa jadi salah satu peluang bisnis dimasa pandemi yang sangat menarik karena selalu dibutuhkan oleh manusia. Oleh karena itu, bisnis kebutuhan pokok bisa jadi bisnis yang long lasting baik di era pandemi atau pasca pandemi.

6. Perhatikan kompetitor Anda

peluang bisnis dimasa pandemi - domo academy

Peluang yang besar akan menarik banyak perhatian. Inilah yang membuat kompetitor bisa jadi patokan mengenai peluang bisnis. Ketika sebuah bisnis memiliki banyak kompetitor maka bisnis tersebut dalam kondisi yang menguntungkan.

Sayangnya masalah kompetitor ini juga menjadi kekurangannya. Oleh karena itu, jika Anda ingin mencari bisnis dengan peluang yang tinggi, maka kreativitas tinggi harus Anda miliki.

Mencari peluang bisnis di masa pandemi ini memang gampang-gampang susah. Hal ini disebabkan karena pada masa ini ada beberapa sektor yang memang naik daun. Seperti salah satunya adalah sektor kesehatan. Akan tetapi di satu sisi sektor ini memiliki banyak pesaing sehingga membuat prediksi potensi kesuksesan menjadi lebih sulit.

Karena sulitnya mencari peluang ini, maka akan lebih baik jika Anda mulai mencari peluang dengan cerdas yaitu dengan mengikuti acara webinar dan workshop untuk belajar mengenai bisnis lebih dalam. Jika ingin tahu tren bisnis yang tepat dan potensi bisnis yang besar di masa ini, Domo Academy siap membantu Anda menemukan peluang bisnis dimasa pandemi yang terbaik dengan ilmu yang akan Anda dapatkan di sana.

Segera hubungi Domo Academy lewat Whatsapp yang tertera di kanan bawah halaman ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam melihat peluang bisnis dimasa pandemi.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 9161

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top