Membangun Sistem Bisnis Untuk Apa? Ketahui 8 Alasan Penting Ini! 

membangun sistem bisnis

Dalam menjalankan bisnis, sebaiknya anda mulai memikirkan untuk membangun sistem bisnis. Dengan anda membangun sistem bisnis, bisnis anda akan semakin berkembang. Mau tahu apa saja alasan agar anda mulai membangun sistem bisnis? Simak ulasan di bawah ini:

Alasan Membangun Sistem Bisnis

membangun sistem bisnis

1. Sistem Bisnis Dapat Membantu Anda Mengambil Keputusan

Keberadaan sistem akan menjadi pedoman dalam melakukan kegiatan operasional bisnis sehari-hari. Anda bisa mengatur, mengubah, atau meningkatkan sistem yang ada agar tujuan bisnis bisa tercapai. Tanpa adanya sistem bisnis, anda akan kesulitan untuk mengembangkan bisnis. Kenapa? Karena perkembangan bisnis hanya bergantung pada seberapa kuat anda berbisnis, seberapa lama anda akan kerja untuk bisnis anda. Dengan anda membangun sistem bisnis, perkembangan bisa terus berlanjut. Sistem yang akan menjalankan bisnis anda, walaupun anda tidak lagi ada untuk bisnis.

Ada baiknya mulai membangun sistem bisnis sejak dini, artinya saat bisnis anda masih kecil sekalipun. Ini akan membuat bisnis anda berkembang seiring dengan perkembangan sistem bisnis anda. Perkembangan bisnis anda akan lebih terstruktur akibat adanya sistem. Sistem ini mungkin akan lebih sulit diterapkan di bisnis yang sudah besar. Mengapa? Karena kemungkinan mereka bisa besar tanpa sistem sebelumnya, oleh sebab itu mereka akan sulit menerima perubahan.

2. Peningkatakan Dalam Performa Bisnis

Keberadaan sistem bisa diganti, dikembangkan, atau disesuaikan dengan kebutuhan. Sistem bisa berkembang dan beradaptasi dengan perkembangan zaman seiring waktu berjalan. Sistem bisnis yang baik akan berdampak baik bagi bisnis anda karena ini akan membuka potensi-potensi baru untuk bisnis anda. Seperti mampu menjangkau lebih banyak customer, mampu memenuhi kebutuhan customer lebih lagi, dan masih banyak peningkatan lainnya.

3. Meningkatkan Efektivitas dan Efisiensi

Dengan membangun sistem bisnis, tingkat produktivitas, efektivitas, dan efisiensi karyawan mampu ditingkatkan. Semua hal itu bisa terjadi karena sudah ada sistem yang mengatur. Sehingga karyawan tidak perlu repot-repot lagi, mereka hanya perlu mengikuti dan menjalankan segala sesuatu berdasarkan sistem yang sudah ada. Hasilnya, kerja akan jadi lebih produktif, efektif, serta efisien. Isitilahnya, karyawan bekerja sesuai SOP yang ada.

Selain itu dengan adanya sistem, akan mempermudah anda saat melakukan training terhadap karyawan baru. Sistem bisa digunakan sebagai tolak ukur dan pedoman yang nantinya akan dijadikan bahan evaluasi karyawan. Apakah trainig tersebut efektif menghadirkan peningkatan atau tidak. Atau apakah karyawan baru tersebut layak untuk dipertahankan atau tidak.

4. Solusi yang Berkualitas

Membangun sistem bisnis artinya menghadirkan standard dalam bisnis. Standard dalam memberikan hasil yang sesuai dengan visi misi bisnis anda.

Coba anda bayangkan sejenak bila dalam bisnis anda tidak ada sistem, sehingga semua tim dan karyawan anda bekerja pakai cara mereka masing-masing. Apakah hasil yang diberikan akan sama dengan hasil dari penerapan sisitem? Dapat dikatakan hasil yang diberikan tidak akan sama. Ini dikarenakan karyawan bekerja dengan caranya sendiri-sendiri, sedangkan cara tersebut belum tentu sesuai dengan stadard yang sudah anda tetapkan sebelumnya dalam sistem.

5. Identifikasi Masalah Jadi Lebih Mudah

Melalui sistem bisnis, anda akan lebih mudah untuk mengidentifikasi akar dari suatu masalah. Hal yang perlu anda lakukan adalah melihat workflow atau alur kerja yang sudah anda buat di sistem bisnis anda. Anda bisa mengindentifikasi kira-kira masalah muncul dari proses alur kerja yang mana. Dengan begitu anda akan cepat menemukan akar permasalahan.

Jika proses identifikasi masalah bisa berjalan dengan cepat, maka anda akan memiliki waktu lebih untuk fokus mencari solusi dari tersebut. Fokuskan diri anda terhadap solusi dari suatu masalah, jangan habiskan waktu dan tenaga anda untuk berfokus pada masalahnya.

Bila masalah terjadi di sistemnya, anda hanya perlu mengubah dan menyesuaikan sistem bagian tersebut agar bisa lebih sesuai ke depannya tanpa perlu mengubah keseluruhan sistem.

6. Bisnis Lebih Mudah Berkembang

Sistem akan membuat bisnis anda lebih mudah untuk berkembang lewat cabang-cabang. Bayangkan jika setiap cabang yang anda miliki tidak mempunyai sistem yang sama, apakah semua cabang tersebut bisa berkembang?

Keberadaan sistem akan menciptakan standard yang sama untuk setiap cabang yang anda miliki. Dengan begitu, setiap cabang bisa menghasilkan output yang sesuai dengan sistem anda, walaupun lokasi dan budaya lingkungan berbeda-beda.

Membangun sistem bisnis yang kuat akan membuat anda lebih hemat energi dan waktu untuk mengembangkan bisnis. Ada sistem yang akan menopang perkembangan bisnis anda.

7. Peningkatan Profit Bisnis

membangun sistem bisnis

Imbas dari meningkatnya produktivitas dan performa bisnis, maka dapat dikatakan bisnis berjalan secara efisien. Hal ini berdampak positif pada tingkat keuntungan yang didapat bisnis anda. Mungkin tingkat retur produk dari customer anda bisa berkurang, atau bahkan customer loyal anda akan semakin banyak. Ini yang akhirnya meningkatkan keuntungan bisnis anda.

8. Nilai Jual Bisnis Meningkat

Dengan sistem operasional yang konsisten, anda akan lebih mudah untuk mengembangkan bisnis. Bila bisnis terus berkembang, maka nilai jual dari bisnis anda akan semakin meningkat. Sistem bisnis yang kuat akan meningkatkan potensi bisnis anda untuk berkembang, sehingga nilai jual bisnis juga akan ikut meningkat.

Baca Juga: 5 Fase Dalam Membangun Bisnis Autopilot 

Inilah alasan-alasan bagi anda untuk mulai membangun sistem bisnis sejak awal anda menekuni bisnis. Dapat dilihat sendiri, lewat sistem bisnis yang baik, bisnis akan mengalami banyak keuntungan dan perkembangan yang signifikan serta terukur. Untuk mempelajari lebih banyak tentang membangun sistem bisnis, anda bisa mengikut workshop yang diadakan oleh Domo Academy.

Workshop tersebut berjudul “Business Autopilot Systemation”. Dalam workshop ini, anda akan diajarkan bagaimana membangun sistem bisnis agar bisnis anda bisa berjalan secara autopilot. Materi akan dibawakan langsung oleh praktisi dan mentor bisnis yang sudah terbukti mampu menciptakan bisnis yang unggul dan sukses. Anda akan mendapatkan kesempatan untuk belajar langsung dari Founder dan Co-Founder Dokter Mobil, Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang.

Akan banyak ilmu dan rahasia yang dibagikan oleh pembicara mengenai cara-cara yang mereka gunakan untuk membangun sistem bisnis di Dokter Mobil hingga sekarang ini. Semua ilmu yang diajarkan berdasarkan pengalaman, bukan hanya mengajarkan teori saja. Terdapat banyak cara praktis yang bisa segera anda terapkan ke dalam bisnis anda.

Oleh sebab itu, jangan sampai anda melewatkan kesempatan langka ini. Banyak ilmu yang bisa anda pelajari dan aplikasikan ke dalam bisnis anda agar bisnis anda jadi tersistemasi, sehingga nantinya bisa berjalan autopilot.

Segera daftarkan diri anda melalui Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini! Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam mengetahui alasan membangun sistem bisnis. Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat anda bila artikel ini memberikan pengetahuan yang lebih untuk anda.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 6694

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top