10 Cara Meningkatkan Penjualan Dari Bisnis Anda

cara meningkatkan penjualan - domo academy

Anda pemilik bisnis tapi pusing kenapa penjualan cenderung stagnan? Sudah melakukan berbagai cara meningkatkan penjualan tapi masih belum berhasil juga? Mungkin cara yang selama ini anda gunakan kurang tepat.

Berikut adalah 10 cara meningkatkan penjualan supaya bisnis bisa terus berkembang yang mungkin bisa anda coba terapkan ke dalam bisnis anda. Simak baik-baik pembahasan ini ya.

Cara Meningkatkan Penjualan Supaya Bisnis Terus Berkembang

cara meningkatkan penjualan - domo academy

1. Brand yang Kuat

Pengaruh brand dalam suatu bisnis sangatlah kuat. Saat membeli suatu produk, orang akan cenderung untuk melihat brandnya. Apabila produk tersebut berasal dari brand yang terkenal, tentu mereka tidak akan ragu untuk membelinya.

Cara meningkatkan penjualan yang pertama adalah bangun brand anda menjadi brand yang kuat dan dikenal banyak orang. Anda bisa membangun brand anda menjadi brand yang kuat dengan membangun kepercayaan dengan customer anda. Pastikan bahwa bisnis anda selalu memberikan kualitas dan pelayanan produk / jasa yang terbaik. Selain itu, anda juga perlu menonjolkan value utama dari bisnis anda, yang membuat bisnis anda lebih unggul dibanding bisnis lainnya.

Tanpa adanya brand yang kuat, anda akan kesulitan untuk meningkatkan penjualan. Bahkan anda mungkin akan terjerumus ke dalam lubang perang harga. Hal ini anda lakukan agar bisnis anda bisa tetap bersaing dengan pasar. Padahal dengan menurunkan harga menjadi yang termurah, tentu akan membuat anda kesulitan untuk meningkatkan omset sampai keuntungan.

Oleh sebab itu, pastikan anda mempunyai brand yang kuat. Dalam brand itu terpancar value bisnis yang membuat bisnis anda unggul dibandingkan bisnis yang lain. Dengan begitu, customer anda tidak akan ragu untuk membeli produk anda, karena brand yang anda miliki sudah kuat.

2. Perluas Target Pasar

Hal selanjutnya yang bisa anda lakukan adalah perluas target pasar bisnis anda. Banyak cara yang bisa anda lakukan untuk memperluas target pasar. Anda bisa memanfaatkan strategi promosi untuk meningkatkan brand awareness dari bisnis anda.

Anda bisa memanfaatkan strategi promosi via online maupun offline. Sekarang ini, tersedia banyak sekali media promosi yang bisa anda manfaatkan. Dari sisi online, anda bisa memanfaatkan berbagai platform sosial media seperti Instagram, Facebook, TikTok, YouTube, dan platform-platform lainnya. Dari sisi offline, anda bisa menggunakan strategi endorsement ke influencer, mencetak banner, memasang iklan di baliho, dan masih banyak lagi.

Dengan begitu, diharapkan brand awareness dari bisnis anda semakin meningkat sehingga target pasar anda akan semakin luas juga.

3. Kualitas Produk

Pastikan produk / jasa yang anda tawarkan berkualitas tinggi. Produk / jasa dengan kualitas tinggi akan banyak dicari orang.

Untuk menjaga produk / jasa tetap berkualitas, anda perlu mempunyai standard. Ini bisa dibuat melalui SOP (Standard Operation Procedure). Pastikan produk / jasa yang anda tawarkan sudah sesuai dengan SOP yang anda buat. Dengan begitu kualitas produk / jasa dari bisnis anda bisa terus terjaga.

Bila produk / jasa yang bisnis anda tawarkan berkualitas, customer tidak akan ragu untuk membelinya. Kualitas akan sebanding dengan harga. Jadi jangan takut untuk memasang harga yang tinggi, bila memang produk / jasa anda berkualitas tinggi.

4. Promo yang Menarik

cara meningkatkan penjualan - domo academy

Orang akan mudah tertarik dengan yang namanya promo. Buatlah promo yang menarik sehingga bisa menarik banyak customer.

Salah satu strategi promosi yang bisa anda coba adalah adakan promosi dengan waktu yang terbatas. Dengan begitu, customer akan merasa tidak punya banyak waktu untuk berpikir dan segera membeli produk / jasa anda sebelum waktunya habis.

5. Bundling

Masih berbicara mengenai promo, ini adalah salah satu strategi promosi lainnya yang bisa anda coba terapkan ke bisnis anda. Gunakan strategi bundling.

Biasanya, orang akan lebih tertarik untuk membeli paket dengan harga yang lebih murah, dibandingkan mereka harus beli satu-satu. Pastikan paket bundling yang anda tawarkan menarik dari sisi produk maupun harga yang ditawarkan.

Buat seakan-akan mereka bisa mendapatkan banyak produk sekaligus dengan harga yang lebih murah. Dengan begitu, produk / jasa anda akan semakin banyak yang terjual dan bisa meningkatkan penjualan.

6. Media Marketing yang Beragam

Manfaatkan digitalisasi di era modern seperti sekarang ini. Banyak bisnis yang sudah mulai beralih ke bisnis digital dengan lebih mengembangkan bisnis dari sisi digitalnya. Anda bisa memfokuskan strategi pemasaran anda ke digital marketing seperti menggunakan iklan. Bisa menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads, Google Ads, TikTok Ads, dan media iklan lainnya. Selain itu, anda bisa juga melakukan optimasi dari sisi organik seperti menggunakan SEO (Search Engine Optimization) yang biayanya lebih murah dibandingkan dengan beriklan.

Dengan memanfaatkan seluruh media marketing yang tersedia, anda bisa meningkatkan penjualan. Asalkan semua media marketing yang anda gunakan bisa berjalan secara optimal tanpa menjadi beban untuk bisnis anda.

7. Sediakan Garansi

Adanya garansi akan menjadi nilai tambah dari produk / jasa anda. Garansi membuat customer akan merasa lebih aman dan percaya diri saat membeli produk / jasa yang anda tawarkan. Mereka tidak akan merasa khawatir karena adanya garansi yang anda berikan. Dari sini akan terbangun kepercayaan dari customer terhadap bisnis anda.

8. Pastikan Kepuasan Customer

Untuk menjaga kepuasan customer, pastikan layanan yang anda berikan adalah layanan yang terbaik. Selain produk, layangan juga perlu diperhatikan karena inilah yang akan membuat customer anda bertahan dan kembali lagi di kemudian hari.

Bila produk yang anda tawarkan berkualitas tinggi, tapi pelayanan yang anda berikan tidak baik, customer tidak akan kembali lagi karena kecewa dengan kualitas pelayanan yang anda berikan. Maka dari itu, pastikan anda memberikan layanan yang terbaik untuk menjaga tingkat kepuasan customer.

9. Menjaga Customer Loyal

Customer-customer yang bertahan dan kembali lagi berkat kualitas produk dan layanan anda biasanya berpotensi untuk menjadi customer loyal anda. Saat anda sudah memiliki customer loyal, anda bisa memperlakukan mereka dengan lebih istimewa dengan customer biasa.

Seperti memberikan bonus, kartu membership, membagikan informasi eksklusif, dan cara-cara lain agar customer loyal anda bisa terus bertahan. Jangan sekalipun mengecewakan mereka, karena sekali mereka kecewa bisa saja mereka tidak akan kembali lagi.

10. Review dan Testimoni Customer

Minta review dan testimoni dari setiap customer anda. Ini bisa menjadi bahan untuk meyakinkan calon customer anda. Dengan melihat review dan testimoni yang baik, customer yang tadinya masih ragu, akan jadi lebih percaya terhadap bisnis anda, karena sudah ada bukti kepuasan dari customer lainnya.

Baca Juga: 7 Tips Belajar Bisnis yang Hemat Waktu dan Biaya

Demikian 10 cara meningkatkan penjualan dari bisnis anda yang bisa anda terapkan. Untuk mempelajari lebih lengkap lagi mengenai cara meningkatkan penjualan, anda bisa membaca buku “Business Starting Systemation” karya Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang sebagai Founder dan Co-Founder Dokter Mobil.

Dalam buku itu, mereka menuliskan cara-cara yang bisa anda langsung terapkan untuk mencapai omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat. Buku ini dirancang untuk pebisnis pemula seperti anda. Ilmu dan pembahasan yang digunakan adalah ilmu yang praktis sehingga bisa langsung anda terapkan ke dalam bisnis yang anda jalankan.

Dapatkan segera buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang ada di kanan bawah halaman ini. Jangan sampai kehabisan karena stok buku sangat terbatas!

Semoga cara meningkatkan penjualan ini bisa berguna untuk anda dan cocok anda terapkan ke dalam bisnis anda. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman lainnya!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 31948

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top