8 Cara Menaikan Omset Penjualan Bisnis Anda

cara menaikan omset penjualan - domo academy

Dalam menjalankan bisnis, anda pasti menginginkan adanya peningkatan dalam omset. Namun, banyak pebisnis yang masih belum tau cara menaikan omset penjualan dengan cara yang sehat.

Kebanyakan pebisnis akan menaikan harga untuk meningkatkan omset, tetapi tentu saja anda tidak bisa terus menerus menaikan harga. Lama kelamaan customer anda mungkin saja berpaling ke kompetitor yang harganya lebih murah.

Padahal, sebenarnya ada cara menaikan omset penjualan yang lebih ampun, penasaran apa saja itu? Simak pembahasan berikut ini:

Cara Menaikan Omset Penjualan yang Ampuh

cara menaikan omset penjualan - domo academy

1. Perkuat Brand

Brand yang sudah terkenal, biasanya akan menjadi pilihan masyarakat. Kenapa brand tersebut bisa dikenal oleh masyarakat luas? Tentu saja karena bisnis tersebut melakukan branding yang kuat, sehingga brand bisa bertahan lama dan dikenal banyak orang.

Dengan adanya brand yang kuat, anda bisa terhindari dari perang harga. Bila brand anda sudah dipercayai oleh kebanyakan orang, anda bisa saja menetapkan harga yang lebih tinggi dibanding kompetitor.

Harga yang lebih tinggi, kepercayaan terhadap brand, dan kualitas yang baik akan melepaskan anda dari jurang perang harga. Oleh sebab itu, penting sekali untuk bisnis anda mempunyai brand yang kuat.

2. Tingkatkan Kualitas Produk

Agar bisnis anda bisa mempunyai brand yang kuat, anda perlu memastikan kualitas produk / jasa yang anda tawarkan adalah yang terbaik.

Bila anda menawarkan produk / jasa dengan kualitas terbaik, anda bisa menentukan harga yang sesuai dengan kualitas yang anda berikan. Produk dengan kualitas terbaik pantas dihargai cukup tinggi.

Jangan sampai anda berani menetapkan harga tinggi, tetapi produk yang anda tawarkan kualitasnya buruk. Ini akan berimbas pada menurunnya kekuatan brand dan tingkat kepercayaan yang berkurang dari customer anda.

3. Gunakan SEO

Bila bisnis anda sudah mulai menggunakan digital marketing sebagai salah satu strateginya, mungkin anda bisa coba untuk menerapkan SEO (Search Engine Optimization).

Secara sederhana, SEO adalah teknik yang digunakan untuk mendatangkan traffic secara organik (gratis tanpa berbayar) ke website dari bisnis anda. Semakin banyak traffic yang masuk, memungkinkan anda untuk semakin banyak melakukan penjualan.

Lewat SEO ini, website anda bisa muncul di halaman / urutan pertama dalam pencarian Google. Mayoritas pengguna Google akan mengunjungi website yang muncul di urutan / halaman pertama, bukan di halaman-halaman selanjutnya.

Jadi, bila website anda bisa muncul di urutan / halaman pertama, itu akan menjadi peluang yang sangat besar.

4. Gunakan SEM

Sama halnya dengan SEO, SEM (Search Engine Marketing) juga bertujuan untuk mendatangkan traffic.  Perbedaannya adalah teknik SEM ini berbayar.

Untuk melakukan teknik SEM ini, anda membutuhkan budget yang cukup besar. Sesuaikan kemampuan bisnis anda dengan kebutuhan, jangan sampai teknik ini malah menjadi beban bagi keuangan bisnis anda.

5. Gunakan SMM

Cara menaikan omset penjualan yang selanjutnya adalah menggunakan SMM (Social Media Marketing). Mirip dengan SEM, namun platform yang digunakan adalah sosial media.

Banyak sekali platform sosial media yang bisa digunakan untuk beriklan seperti Facebook Ads, Instagram Ads, TikTok Ads, dan berbagai macam platform sosial media lainnya yang bisa anda manfaatkan.

6. Manfaatkan Bundling

Anda bisa melakukan metode bundling yaitu membuat paket yang terdiri dari beberapa produk anda, kemudian dijual dengan harga yang lebih murah dibandingkan dengan harga satuannya.

Dengan memanfaatkan bundling, akan semakin banyak produk anda yang bisa terjual. Paket-paket yang ditawarkan bisa menjadi nilai tambah tersendiri bagi customer anda.

7. Penawaran Spesial Untuk Customer

Penawaran spesial ini bisa anda lakukan untuk mendatangkan customer baru atau mempertahankan customer lama anda sehingga menjadi customer loyal.

Anda bisa memberikan penawaran spesial untuk customer baru seperti diskon up to 50% untuk customer baru. Kemudian anda juga bisa memberikan treatment yang spesial untuk customer loyal anda seperti setelah beli 10x, pembelian ke 11 gratis.

Hadirkan penawaran-penawaran spesial yang bisa mendatangkan customer baru dan mempertahankan customer lama anda. Dengan begitu omset penjualan bisa terus meningkat.

8. Lakukan Promosi yang Tepat Sasaran

cara menaikan omset penjualan - domo academy

Semua cara menaikan omset penjualan yang disebutkan di atas tidak akan berjalan efektif dan efisien bila tidak mengenai target sasaran yang tepat.

Anda harus mengetahui siapa target pasar dari bisnis anda. Hal ini dibutuhkan agar promosi yang anda lakukan bisa tepat sasaran dan berhasil meningkatkan omset penjualan.

Jangan sampai anda kurang tepat dalam melakukan promosi, karena ini bisa mengakibatkan membengkakna biaya promosi yang hasilnya pun juga tidak seberapa baik.

Kira-kira, itulah 8 cara menaikan omset penjualan yang bisa kami bagikan. Dari sekian banyak cara di atas, mana cara-cara yang sudah anda lakukan?

Baca Juga: 7 Tips Belajar Bisnis yang Hemat Waktu dan Biaya

Anda bisa mempelajari lebih dalam lagi cara-cara menaikan omset penjualan dengan membaca buku “Business Starting Systemation” karya Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang selaku Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil.

Dalam buku ini, anda akan diajarkan secara tuntas bagaimana cara menghasilkan omset 100 juta pertama dari bisnis anda. Semua cara dibagikan dengan sederhana, karena memang buku ini khusus dirancang untuk para pebisnis pemula.

Jangan sampai anda kehabisan buku yang sangat bermanfaat ini. Segera hubungi Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini untuk mendapatkannya. Stok sangat terbatas.

Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa bagikan kepada teman-teman yang lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 27142

No votes so far! Be the first to rate this post.

Domo Academy

Related Posts

scroll to top