10 Tips Bisnis Pemula yang Mudah Diaplikasikan

tips bisnis pemula - domo academy

Banyak orang berkata kalau tidak semua orang bisa menjadi pebisnis. Padahal nyatanya, semua orang bisa menjadi pebinis asalkan mau belajar dan bekerja keras. Para pebisnis pemula atau yang baru mau merintis bisnis, banyak sekali yang mencari tips bisnis pemula. Lewat tips ini, anda bisa belajar banyak tentang ilmu dan keahlian dalam menjalankan bisnis.

Untuk itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas 10 tips bisnis pemula yang sederhana dan bisa langsung anda aplikasikan. Berikut adalah tips lengkapnya:

Tips Bisnis Pemula yang Sederhana dan Aplikatif

tips bisnis pemula - domo academy

1. Fokus ke Satu Peluang Bisnis

Tips bisnis pemula yang pertama adalah fokuslah ke satu bisnis terlebih dahulu. Di zaman yang sudah modern ini, mungkin anda bisa menemukan banyak peluang bisnis yang menarik. Akibat banyaknya peluang tersebut, anda jadi tertarik untuk mengembangkan semua peluang bisnis yang ada dalam waktu yang bersamaan. Memang ini bukanlah praktik yang sepenuhnya salah, ada juga orang yang mampu mengelola banyak bisnis sekaligus. Namun alangkah baiknya untuk pebisnis pemula, fokus terhadap satu peluang saja.

Saat anda fokus ke satu peluang ini, seluruh waktu, tenaga, dan pikiran untuk pengembangan bisnis akan jadi terarah. Sehingga nantinya anda bisa mengeksekusi ide-ide yang anda tuangkan ke dalam bisnis dengan baik. Dengan begitu, bisnis bisa cepat berjalan dan berkembang.

Jikalau fokus anda terlalu banyak terpecah, bisnis akan lebih sulit untuk berkembang karena pikiran, waktu, dan tenaga anda akan terbagi-bagi. Banyak orang yang bilang kalau mengelola 1 bisnis saja sudah sulit, bagaimana kalau banyak bisnis? Pastinya akan lebih sulit lagi.

2. Mulai Dari yang Anda Sukai

Untuk pebisnis pemula, anda bisa mulai berbisnis dari apa yang anda sukai. Dengan melakukan apa yang anda sukai, artinya anda akan melakukannya dengan sepenuh hati. Segala hal jika dilakukan dengan sepenuh hati maka hasilnya bisa maksimal. Tidak ada beban dan paksaan yang mungkin menghambat berlangsungnya bisnis.

Anda bisa memulai bisnis berdasarkan hobi anda saat ini. Sebagai contoh, anda hobi untuk memelihara burung. Dari situ banyak peluang yang bisa dijadikan bisnis, sebut saja menjual kandang burung, menjual perlengkapan dan kebutuhan memelihara burung, menjadi peternak burung, dan lain sebagainya. Hobi tetap terpuaskan, ditambah lagi dengan ada bisnis yang berjalan dari hobi tersebut.

Usahakan jangan memulai bisnis hanya berdasarkan tren, karena melihat untung yang dihasilkan bisa besar, atau mungkin hanya ingin sekedar terlihat keren. Semuanya tidak berdasarkan apa yang anda sukai. Akan ada beban dan keterpaksaan untuk menjalankannya karena itu bukanlah sesuatu yang anda sukai sebelumnya.

3. Menguasai Bidang Bisnis Anda

Anda harus menguasai bidang bisnis yang anda geluti. Jika bukan anda yang memahami sepenuhnya tentang bisnis ini, siapa lagi? Sebagai pemilik bisnis, anda harus bisa menguasai bisnis anda. Bukan bisnis yang menguasai anda.

Penguasaan bisnis diperlukan agar bila nanti tiba saatnya investor datang untuk menginvestasikan uangnya ke dalam bisnis yang anda bangun, anda sudah siap untuk menjelaskan segala sesuatu yang dibutuhkan oleh sang investor. Kesiapan sangat dibutuhkan agar anda bisa meyakinkan investor bahwa mereka keputusan mereka untuk menginvestasikan uangnya ke dalam bisnis anda adalah suatu keputusan yang tepat.

4. Berkeinginan Untuk Belajar Dari Orang Lain

Tanamkan dalam pikiran anda untuk mau terus belajar. Selain itu, buka diri anda juga untuk belajar dari orang lain. Banyak hal yang bisa anda dapatkan dengan belajar dari orang lain, anda bisa mendapatkan ilmunya, pengalamannya, bahkan juga bisa membangun koneksi yang mungkin berguna untuk bisnis anda di masa depan.

Anda bisa berdiskusi dengan mentor, teman, atau mungkin orang lain yang sudah terlebih dahulu sukses di bidang bisnis anda. Dengan begitu, ilmu anda akan terus bertambah lewat sharing yang diberikan. Ilmu dan pengalaman ini yang nantinya bisa anda terapkan ke dalam bisnis yang sedang anda bangun.

5. Hidup Sederhana

Gaya hidup adalah hal yang paling sulit diatur. Banyak orang berpikiran bahwa saat menjadi seorang pebisnis, maka hidupnya akan menjadi mewah. Padahal anda berbisnis untuk jadi kaya, bukan untuk terlihat kaya.

Terapkan gaya hidup yang sederhana, dengan begitu anda bisa cepat kaya dari bisnis. Jangan sampai uang yang anda hasilkan dari bisnis hanya untuk dihabiskan ke gaya hidup mewah anda. Tanamkan dalam pikiran bahwa anda adalah seorang pebisnis pemula yang membutuhkan uang untuk mengembangkan bisnis dan mencapai kesuksesan, bukan hanya sekedar untuk punya gaya hidup mewah.

6. Ambil Pelajaran Dari Kegagalan

Dari setiap kegagalan yang anda alami, pasti ada sisi positif yang bisa dijadikan pelajaran. Gagal bukan berarti anda diam dan terpuruk, melainkan anda harus segera bangkit dan mengambil langkah selanjutnya untuk segera keluar dari jurang kegagalan tersebut.

Pastikan juga anda belajar dari kegagalan tersebut, agar nantinya jika datang masalah yang sama, anda tidak mengulangi kegagalan yang sama. Kegagalan adalah guru yang paling baik. Maka dari itu teruslah mencoba, jangan cepat menyerah, bila gagal segera bangkit dan coba lagi.

7. Buat dan Perlihatkan Konsep Bisnis yang Terbaik

Perlihatkan bahwa konsep bisnis yang anda rancang adalah konsep bisnis yang terbaik. Anda bisa menjalankan konsep bisnis dengan modal kecil atau seadanya terlebih dahulu, sembari membuktikan kepada investor bahwa bisnis anda bisa berjalan dengan baik.

8. Buktikan Dengan Prestasi

Berikan hasil kerja nyata dari bisnis anda kepada orang-orang di luar sana. Jangan hanya banyak bicara tanpa adanya prestasi yang dihasilkan. Nantinya biar orang yang menilai hasil usaha anda, yang penting anda harus tetap fokus melakukan semuanya lewat action, bukan hanya sekedar kata-kata.

9. Tetap Jaga Kesehatan

tips bisnis pemula - domo academy

Tips bisnis pemula selanjutnya adalah jaga kesehatan. Seorang pebisnis yang sukses adalah orang yang memperhatikan kesehatannya, baik jasmani maupun rohani. Rajin berolahraga, mengatur pola makan, dan selalu istirahat yang cukup.

Percuma bila anda sudah bekerja keras, tetapi anda tidak bisa menjaga kesehatan. Ujung-ujungnya anda jadi sakit-sakitan dan menjadi tidak produktif. Dengan keadaan tubuh yang sehat, anda bisa melakukan segala sesuatu dengan lebih baik. Usahakan untuk selalu menjaga keseimbangan antara kesehatan dan bisnis.

10. Tau Kapan Harus Berhenti

Ada pepatah yang mengatakan bahwa kapten yang bijaksana tidak akan mati tenggelam dengan kapalnya. Orang yang bijak adalah mereka yang tau kapan harus terus berusaha dan tau kapan saatnya untuk berhenti. Berhenti bukanlah suatu bentuk kegagalan atau tanda anda menyerah. Ada hal yang memang tidak bisa dipaksakan. Bila dipaksakan, anda akan semakin jatuh terpuruk.

Ketika bisnis anda gagal dan membuat anda jadi terpuruk, maka anda harus tau kapan waktunya untuk berhenti. Sikap bijaksana ini yang akan menghidari anda dari jurang keterpurukan.

Baca Juga: 6 Kunci Kesuksesan Dalam Berbisnis 

Itulah 10 tips bisnis pemula yang bisa kami bagikan. Untuk anda pebisnis pemula yang ingin belajar lebih banyak lagi tentang bagaimana memulai bisnis, anda bisa membaca buku “Business Starting Systemation” dari Domo Academy. Banyak ilmu dan pengalaman yang dibagikan oleh penulis yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang selaku Founder dan Co-Founder Dokter Mobil, dalam membangun bisnis Dokter Mobil dari awal.

Semuanya dituliskan berdasarkan pengalaman yang memang sudah terbukti berhasil menciptakan bisnis yang sukses dan unggul. Dalam buku tersebut, akan dibahas cara-cara yang bisa langsung anda aplikasikan untuk mencapai omset 100 juta pertama dari bisnis anda.

Segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” dengan menghubungi Whatsapp kami yang tertera di kanan bawah halaman ini dan alami sendiri pengalaman belajar yang luar biasa dari buku ini. Jangan sampai kehabisan karena stok sangat terbatas!

Semoga tips bisnis pemula ini bisa bermanfaat untuk anda. Jangan lupa bagikan tips bisnis pemula ini kepada rekan-rekan bisnis anda yang lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 30664

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top