5 Kunci Sukses Menciptakan Bisnis yang Unggul

5 kunci sukses - domo academy

Bagi kalian para entrepreneur atau pelaku bisnis, pernahkah membayangkan diri anda bisa menjadi sukses?

Pada dasarnya, setiap orang mempunyai makna suksesnya masing-masing. Tidak semua makna sukses dinilai dari sekedar materi. Ada yang merasa sukses kalau bisa menjadi inspirasi untuk anak muda di daerah asalnya, ada juga yang merasa sudah sukses kalau bisa memberangkatkan kedua orang tuanya beribadah haji, dan masih banyak lagi.

Lantas, apa 5 kunci sukses atau makna sukses anda sebagai pebisnis? Dalam artikel ini, kami akan membahas 5 kunci sukses yang dimiliki sebagian besar pelaku bisnis yang bisnisnya terbukti unggul di dunia:

5 Kunci Sukses Bisnis dan Hidup

5 kunci sukses - domo academy

1. Tujuan dan Goals yang Besar

Setiap orang pasti setuju bahwa kunci sukses pertama yang harus dimiliki pebisnis adalah goal yang besar. Dengan goal yang besar dan jelas, anda akan tau harus berjalan ke arah yang mana. Setiap langkah yang anda ambil akan mengarahkan kaki anda ke tujuan / goal tersebut. Tanpa goal / tujuan yang jelas, anda akan berjalan tanpa arah yang jelas juga.

Bila saat ini anda belum menemukan tujuan besar anda, segera tentukan goal atau tujuan anda. Semua ini semata-mata agar anda tidak berjalan ke arah yang salah dan semakin cepat untuk meraih makna sukses yang anda miliki.

2. Pembelajar yang Haus Akan Ilmu

Anda sudah punya tujuan yang besar, tapi masih belum tahu bagaimana caranya untuk mencapai kesana? Itu artinya diri anda harus menjadi sosok seorang pembelajar. Seorang pembelajar adalah sosok yang tidak pernah lelah untuk belajar. Gunakan waktu, tenaga, dan kesempatan yang anda miliki untuk terus belajar.

Banyak metode yang bisa anda gunakan untuk belajar. Salah satunya adalah belajar dari orang lain. Anda bisa cari orang yang mungkin kira-kira punya tujuan yang mirip dengan anda. Dari situ anda bisa mempelajari cara, strategi, dan jalan apa yang mereka gunakan untuk mencapai tujuan tersebut.

Satu hal menarik pernah dikatakan oleh pebisnis asal China yaitu Jack Ma. Jack Ma mengatakan bahwa sebaiknya anda jangan hanya belajar dari keberhasilan seseorang, melainkan belajarlah dari kesalahan dan kegagalan yang pernah mereka lakukan. Dengan mempelajari kegagalan mereka, anda tidak perlu mengulangi lagi kesalahan yang sama sehingga anda akan lebih cepat dalam mewujudkan goals.

Seorang pembelajar tidak akan merasa puas atau lelah untuk belajar. Mereka akan terus berkeinginan untuk memperbarui dan meningkatkan isi otaknya. Dengan terus mengisi otak, anda akan mempercepat proses perjalanan menuju kesuksesan.

3. Berpikir Besar, Tapi Mulai Dulu Dari Kecil

Saat anda berkeinginan untuk memulai sesuatu, mulailah dari yang kecil terlebih dahulu. Karena mulai dari yang kecil, anda tidak perlu takut untuk mengalami kegagalan yang besar.

Kebanyakan orang sulit untuk sukses karena mereka sudah kalah duluan sebelum mulai berperang. Artinya sebelum mereka memulai langkah kecilnya, mereka sudah terlebih dahulu dikalahkan oleh rasa takut akan kegagalan yang mungkin menanti mereka di depan nanti. Padahal, kunci sukses pebisnis-pebisnis hebat adalah berani memulai apa yang mereka impikan dari langkah yang kecil dahulu.

Sebut saja CEO Metaverse, Mark Zuckerberg yang memulai Facebook hanya dari garasi kecil di rumahnya. Bayangkan jika ia tidak berani memulai Facebook dari garasi kecil tersebut dan sudah kalah duluan dengan ketakutan dalam dirinya, ia tidak akan menjadi orang seperti sekarang ini.

4. Berpikir Jangka Panjang

Biasanya goal yang besar bersifat jangka panjang. Butuh waktu yang relatif cukup lama untuk mencapai goal tersebut. Dibutuhkan konsistensi dan komitmen untuk bisa mewujudkan tujuan itu.

Saat anda bertemu dengan halangan yang membuat anda atau bisnis anda gagal, jangan menyerah begitu saja. Ingat kembali apa yang menjadi tujuan awal anda memulai semua ini. Lalu, pikirkan juga bahwa sebenarnya dari setiap kegagalan yang menghampiri anda, akan terbuka banyak jalan lain untuk menuju goal anda. Lihatlah ke depan dalam jangka waktu yang panjang, masih banyak kesempatan yang bisa anda ambil. Sayang sekali jika anda sudah berani memulai langkah, tapi harus berhenti di tengah jalan hanya karena masalah yang mungkin sepele.

Berpikirlah jangka panjang. Jadikan kegagalan saat ini sebagai pelajaran yang berharga. Dengan begitu dikemudian hari, anda tidak akan mengulangi kesalahan yang sama lagi.

5. Belajar Untuk Memberi Lebih Dibanding Apa yang Anda Terima

5 kunci sukses - domo academy

Kunci sukses yang terakhir adalah belajarlah untuk selalu memberi lebih dari apa yang anda terima. Tentu saja berikan dengan ikhlas dan tulus, tanpa rasa beban dan pamrih. Percayalah bahwa apa yang anda beri bisa bermanfaat untuk banyak orang, mulai dari orang terdekat di lingkungan anda sampai dengan masyarakat luas. Apa yang anda tabur, itulah nanti yang akan anda tuai.

Semakin banyak apa yang anda berikan kepada dunia, percayalah bahwa akan lebih banyak lagi yang dunia berikan pada anda. Tetapi ingat, jangan lebih dahulu berharap akan menerima sesuatu dari apa yang akan anda beri. Tuluslah setiap kali anda mempunyai kesempatan untuk memberi.

Ingat ya, memberi lebih tidak selalu berbicara mengenai materi. Banyak hal yang bisa anda berikan lebih, mungkin tenaga, perhatian, waktu, kehadiran, dan masih banyak lagi. Tidak semuanya berbicara selalu tentang uang.

Itulah 5 kunci sukses seorang pebisnis yang berhasil menciptakan bisnis yang unggul dan sukses di dunia. Sekarang coba refleksikan diri anda, apakah anda sudah memiliki 5 kunci sukses tersebut? Jika iya, mana yang sudah anda miliki sekarang? Jika belum, mana kunci sukses yang belum anda miliki?

Baca Juga: 5 Cara Membuat Konsep Bisnis Sederhana Untuk Pemula

Jika anda belum mengetahui kunci sukses atau makna sukses dari diri anda, pelajari apa itu makna sukses dari buku “Business Starting Systemation”, yang ditulis oleh mentor Domo Academy dan para pendiri Dokter Mobil, yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang.

Dalam buku itu, ditulis berbagai konsep yang bisa membantu anda menemukan makna sukses dari diri anda. Dalam buku tersebut juga dicerikan apa makna sukses kedua penulis dalam membangun Dokter Mobil sampai dengan sekarang ini. Semuanya dituliskan dan diajarkan dengan bahasa yang sangat sederhana, sehingga bila anda masih pebisnis pemula, anda tidak akan merasa kebingungan. Malahan anda akan sangat terbantu dengan keberadaan buku ini, karena buku ini memang khusus ditulis untuk anda para pebisnis pemula.

Selain makna sukses, masih banyak lagi ilmu yang dibahas dalam buku ini. Pastinya akan sangat bermanfaat untuk anda bisa mencetak 100 juta pertama dalam waktu yang cepat.

Tunggu apalagi segera dapatkan buku ini melalui Whatsapp kami yang tertera di bawah kanan halaman ini. Jangan sampai kehabisan karena stock sangat terbatas!

Semoga 5 kunci sukses dari para pebisnis dunia ini bisa menginspirasi anda menemukan makna sukses anda sendiri. Jangan lupa bagikan kepada rekan-rekan anda yang lainnya.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 29888

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top