6 Kunci Kesuksesan Dalam Berbisnis 

kunci kesuksesan - domo academy

Pernahkah anda bertanya-tanya, apa yang menjadi kunci kesuksesan banyak pebisnis sukses di luar sana? Anda pasti punya harapan, dengan mengetahui kunci kesuksesan mereka, maka anda bisa ikut sukses juga. Realitanya, ada proses panjang yang harus anda lalui untuk mencapai kesuksesan.

Dalam artikel ini, kami akan membahas 5 kunci kesuksesan dalam berbisnis yang harus anda pelajari baik.

Kunci Kesuksesan Menuju Bisnis yang Unggul

kunci kesuksesan - domo academy

1. Berani Ambil Risiko

Kunci kesuksesan yang pertama adalah berani ambil risiko. Sebagai seorang pebisnis, risiko tidak bisa dihindari. Dari setiap keputusan yang anda ambil dalam bisnis, pasti ada risikonya. Memang semuanya tidak akan selalu berhasil, itulah yang dinamakan risiko. Namun jika anda berani mengambil risiko tersebut dan hasilnya berhasil, ini akan membawa perkembangan yang baik untuk diri anda dan bisnis yang anda jalankan.

Saat anda berani ambil risiko, itu artinya anda berani untuk melangkah keluar dari zona nyaman anda. Dengan keluar dari zona nyaman, anda akan mengalami perkembangan. Adanya perkembangan ini tentunya baik untuk keberlangsungan bisnis anda.

2. Ilmu Tentang Bisnis

Jika anda memutuskan untuk berbisnis, artinya anda harus memiliki ilmu tentang kegiatan bisnis seperti perhitungan kas, alokasi modal, dan strategi pemasaran. Akan lebih baik jika anda secara khusus mengetahui ilmu ini di bidang bisnisnya masing-masing.

Bila memang anda tidak punya ilmu dan pengalaman dalam bisnis, anda dapat bekerja sama dengan orang-orang yang pandai berbisnis atau merencanakan suatu bisnis. Setelah anda memiliki pengetahuan, anda perlu menerapkannya ke dalam bisnis anda. Kemampuan dan pengalaman anda akan semakin bertambah seiring waktu anda menjalankan dan mengembangkan bisnis dengan pengetahuan anda miliki.

3. Jiwa Untuk Memulai dan Komitmen

Seorang pebisnis harus memiliki jiwa untuk bisa memulai segala sesuatu dari diri sendiri terlebih dahulu, aktif, dan penuh dengan semangat membara. Jiwa untuk memulai ini adalah hal yang penting untuk anda miliki dalam memulai suatu bisnis.

Setelah anda berhasil dalam memulai bisnis, langkah selanjutnya adalah anda membutuhkan komitmen. Komitmen dibutuhkan agar bisnis bisa terus bertahan dan berkembang ke arah yang lebih baik. Tanpa adanya komitmen dari anda, bisnis yang anda jalankan akan sulit sekali untuk bertahan dari kompetisi yang ada.

Komitmen adalah bentuk investasi anda agar bisnis terus berkembang. Karena mengembangkan bisnis bukanlah hal yang bisa ditempuh dalam waktu yang singkat. Ada perjalanan panjang yang harus dilalui selama mengembangkan bisnis, untuk itu dibutuhkan komitmen yang kuat.

4. Tau Kapasitas Diri

Saat ingin memulai suatu bisnis, pilihlah bisnis yang masih berkaitan dengan spesialisasi diri anda. Jangan hanya berbisnis mengikuti tren yang sedang berkembang saja, tanpa memiliki cukup ilmu dan pengetahuan di dalamnya. Bisnis anda akan sulit berkembang karena anda tidak memiliki kapasitas yang cukup untuk berkembang di hal tersebut.

Oleh sebab itu, penting untuk tau kapasitas diri anda, apa yang menjadi spesialisasi diri anda. Dari situ, anda bisa memulai bisnis yang memang sesuai dengan kapasitas diri anda.

5. Berani Ambil Keputusan

Kunci kesuksesan selanjutnya adalah punya keberanian untuk ambil keputusan. Sebagai seorang pemilik bisnis, anda pasti akan banyak dihadapkan dengan pilihan. Dari banyaknya pilihan tersebut, anda harus berani untuk ambil keputusan.

Jangan biarkan bisnis anda hanya sebatas konsep saja, karena mungkin anda tidak berani untuk ambil keputusan. Padahal banyak keuntungan yang bisa diraih dari situ, tapi anda tidak jadi merasakannya karena anda tidak berani ambil keputusan di awal.

Mungkin bisnis yang anda bangun masih baru dan belum banyak orang yang mengetahuinya. Namun, jika anda tetap berani mengambil resiko dan berani ambil keputusan untuk menjalankan bisnis anda sesuai dengan konsep yang telah ditetapkan, mungkin bisnis anda akan dikenal masyarakat luas.

6. Sabar dan Tekun

kunci kesuksesan - domo academy

Dalam menjalankan bisnis, anda dituntut untuk memiliki kesabaran dan ketekunan. Saat berbisnis, masalah bisa saja muncul setiap harinya. Sumber masalah bermacam-macam, bisa dari keluhan customer, masalah operasional, atau mungkin masalah dalam hal keuangan bisnis.

Selain kesabaran, anda juga dituntut untuk punya ketekunan. Dengan adanya ketekunan, anda akan kuat dalam menghadapi masalah yang muncul sehari-hari. Saat anda kuat, artinya anda tidak akan mudah menyerah untuk menyelesaikan setiap masalah dengan baik.

Lewat ketekunan dan kesabaran yang anda miliki, bisnis anda bisa semakin berkembang, ide-ide kreatif bisa terus muncul, dan semuanya berkat kerja keras anda dan tim bersama-sama menjalankan bisnis.

Baca Juga: 4 Contoh Sistem Bisnis yang Sukses Dijalankan

Demikian 6 kunci kesuksesan dalam berbisnis yang bisa anda pelajari. Miliki semua hal yang disebutkan di atas, maka anda berada di jalan yang tepat untuk mencapai kesuksesan. Selain itu, anda bisa meraih kesuksesan lebih cepat dengan membaca buku “Business Starting Systemation” dari Domo Academy.

Buku “Business Starting Systemation” yang ditulis oleh Founder dan Co-Founder dari Dokter Mobil, yaitu Ko Lung-Lung dan Coach Angky Andang. Berisikan segala macam ilmu yang harus anda ketahui khususnya untuk anda pebisnis pemula. Seperti bagaimana cara anda memaknai kesuksesan, apa saja yang harus anda persiapkan dan bangun agar bisnis anda bisa sukses dan unggul, dan masih banyak lagi ilmu yang mereka bagikan dalam buku ini.

Buku yang dituliskan berdasarkan pengalaman mereka dalam membangun bisnis Dokter Mobil hingga bisa sampai seperti ini. Semuanya dituliskan dan dijelaskan secara sederhana agar anda para pebisnis pemula bisa dengan mudah mempraktikannya langsung ke dalam bisnis anda. Selain itu, mereka juga membagikan formula yang bisa anda langsung gunakan untuk mencapai omset 100 juta pertama dalam waktu yang cepat.

Segera dapatkan buku “Business Starting Systemation” ini dengan menghubungi Whatsapp kami yang tersedia di kanan bawah halaman ini. Jangan sampai anda kehabisan karena stok yang tersedia sangat terbatas dan berkurang terus dalam waktu yang singkat!

Banyak ilmu yang bisa anda dapatkan dan langsung aplikasikan ke dalam bisnis anda. Anda akan merasakan sendiri pengalaman yang mereka tuliskan dalam buku ini.

Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda. Bagikan kepada teman-teman anda yang masih belum tau apa makna kesuksesan bagi dirinya. Dengan mengetahui kunci kesuksesan yang dijelaskan ini, semoga anda dan teman-teman bisa mengetahui apa makna kesuksesan masing-masing.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 27555

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top