Inilah Pentingnya Perencanaan Bisnis Sebelum Mulai Usaha, Jangan Disepelekan!

pentingnya perencanaan bisnis - domo academy

Sebagai seorang yang ingin menjalankan bisnis, Anda tak boleh serta merta yakin dan melakukan langkah-langkah sesuai keinginan. Haris ada perencanaan bisnis yang sangat matang agar kesuksesan bisa datang dengan cepat. Itulah mengapa Anda harus tahu apa saja pentingnya perencanaan bisnis itu sendiri.

Pentingnya Perencanaan Bisnis Sebelum Memulai Usaha

pentingnya perencanaan bisnis - domo academy

Karena pentingnya perencanaan bisnis sebelum memulai usaha itu sangat banyak, maka kali ini kita akan bahas semuanya di bawah:

1. Pebisnis Jadi Punya Jalan yang Tepat Agar Tidak Bingung Arah

Dengan menggunakan perencanaan bisnis yang matang maka pebisnis menjadi punya jalan yang tepat. Ya, pebisnis jadi tidak mudah bingung arah dalam menjalankan usahanya tersebut. Sebab, banyak sekali loh orang yang setelah membuka bisnis malah bingung mau ke mana lagi.

Dengan adanya perencanaan maka akan terbentuk level 1, level 2, dan seterusnya. Pada tahap awal, pebisnis akan fokus pada level 1 terlebih dahulu. Jika target level 1 sudah terpenuhi bisa menginjak ke level 2, dan selanjutnya.

Bayangkan jika tidak ada perencanaan yang matang? Pastinya akan banyak pebisnis yang bingung apalagi orientasinya langsung ke puncak kesuksesan. Nantinya, jalan kepada kesuksesan itu hanya tidak akan teratur.

Padahal, untuk menuju kesuksesan itu ada banyak tangga atau level yang harus diselesaikan dulu. Jadi, dengan adanya perencanaan maka perjalanan bisnis tetap on the track dan tetap pada tujuan utama.

2. Pemasaran Jadi Lebih Tepat Sasaran

Pentingnya perencanaan bisnis yang kedua adalah membuat pemasaran menjadi lebih tepat terhadap sasaran. Perencanaan bisnis itu sangat kompleks mulai dari permulaan hingga lebih lanjut. Kita bahas dulu yang paling dasar saja yaitu apa yang akan diproduksi, siapa target pasarnya, bagaimana cara pemasarannya, dan lain sebagainya.

Hal ini membuat target pasar itu jadi lebih tepat sehingga keuntungan menjadi lebih maksimal. Apabila tidak dilakukan perencanaan bisnis maka pemasaran hanya akan jadi mubazir saja.

3. Dapat Menghemat Modal yang akan Dikeluarkan

Menyambung dari poin di atas jika perencanaan bisnis itu tidak dilakukan maka modal yang akan Anda keluarkan malah jadi lebih banyak. Pasalnya, pemasaran malah menuju ke mana-mana tak tentu arah. Orang yang sebenarnya bukan target pasar malah mendapatkan promosi.

Sedangkan orang yang sebenarnya target pasar malah tidak mendapatkan promosi. Dengan perencanaan yang maksimal maka modal yang dikeluarkan ya sesuai dengan kebutuhan. Sebagai calon pebisnis pasti Anda sudah paham bagaimana sistem pengeluaran modal bukan?

Ya, modal yang dikeluarkan dari suatu bisnis itu harus seminimal mungkin. Sedangkan, jika untuk meraup keuntungan ya harus semaksimal mungkin. Jadi, jangan sepelekan mumpung modalnya masih banyak, Anda harus berpikir efektif dengan perencanaan bisnis.

4. Memiliki Rencana Antisipasi untuk Berbagai Kemungkinan

Dengan adanya perencanaan bisnis maka Anda bisa membuat antisipasi dari berbagai kemungkinan. Ya, bisnis itu tak pernah lepas dari berbagai jenis masalah sehingga kita harus menyiapkan langkah pencegahan atau antisipasinya.

Rencana antisipasi dan pencegahan bisa membuat Anda terhindar dari kebangkrutan. Sebab, tak sedikit perusahaan yang harus gulung tikar akibat tidak memiliki perencanaan bisnis yang matang. Apalagi jika bisnis tersebut sudah besar, banyak pebisnis yang merasa sukses dan lupa akan perencanaan bisnis.

Ya, perencanaan bisnis itu tak hanya penting untuk perusahaan pemula melainkan juga sangat penting untuk perusahaan besar. Untuk perusahaan kecil untuk membantu usaha naik dan untuk perusahaan besar membantu mempertahankan kesuksesan.

5. Bisnis Dapat Berkembang Secara Bertahap dan Teratur

Dengan menggunakan perencanaan bisnis yang matang maka bisnis bisa berkembang secara bertahap dan juga teratur. Mungkin Anda sering mengetahui cerita bahwa ada pebisnis A yang sukses dengan waktu yang sangat singkat.

Padahal singkatnya itu karena ada perencanaan yang matang. Bisnis bisa berkembang dengan baik itu karena adanya keteraturan dalam meraih suatu keberhasilan, step by step. Mustahil sekali jika ada perusahaan yang langsung sukses tanpa menempuh tahapan yang sudah direncanakan sebelumnya.

Mungkin ada tapi sangat kecil jumlahnya, dan yang harus diketahui adalah peluangnya sangat minimal. Jadi, belum tentu kesempatan tersebut juga terjadi pada Anda yang ingin membuka bisnis.

6. Menjadi Motivasi Saat Membangun dan Menjalankan Bisnis

Pentingnya perencanaan bisnis yang matang juga akan menjadi motivasi bagi pebisnis yang menjalankannya. Bagaimana tidak? adanya perencanaan bisnis itu dapat meningkatkan semangat untuk bangkit apalagi ketika sedang jatuh atau terpuruk.

Misalnya saja, ada pebisnis yang sudah berhasil menempuh rencana satu dalam usahanya. Kemudian, pada saat ingin menempuh  rencana dua nyatanya keadaan berbalik arah. Ada pandemi yang akhirnya meluluh lantahkan segala pergerakan ekonomi negara.

Namun, karena tujuannya itu masih jauh maka pebisnis tetap semangat memutar otak agar usahanya tetap berjalan di masa sulit. Ada juga yang berpikir bahwa rencana 1 sudah terlaksana dengan baik maka tanggung sekali jika harus menyerah.

7. Manajemen Bisnis Jadi Lebih Teratur

pentingnya perencanaan bisnis - domo academy

Dengan adanya perencanaan bisnis, maka Anda juga bisa membuat manajemen usaha jadi lebih teratur. Berbeda jika tanpa perencanaan yang matang pastinya manajemen juga akan sangat berantakan. Manajemen bisnis dan perencanaan itu sangat amat erat hubungannya.

Kita contohkan saja ada pebisnis yang sudah merencanakan bahwa pada tahun baru nanti sudah ada 62 cabang di seluruh Indonesia. Maka, dengan banyaknya jumlah cabang tersebut memerlukan manajemen yang lebih baik.

Pebisnis harus meningkatkan sistem manajemennya dengan merekrut beberapa manajer dan melakukan pelatihan pada setiap karyawan intinya. Nah, dengan cara ini maka manajemen jadi lebih teratur serta dapat meningkatkan kesempatan bisnis autopilot.

Baca Juga: 5 Fase Dalam Membangun Bisnis Autopilot 

8. Kesuksesan Bisa Dijangkau dengan Lebih Mudah

Terakhir dan yang paling utama dari perencanaan bisnis adalah kesuksesan yang bisa dijangkau dengan sangat mudah. Dengan perencanaan yang matang maka jalan yang harus ditempuh akan sangat teratur.

Apabila jalan tersebut tidak cocok dengan keadaan, ada rencana lain yang bisa digunakan sehingga bisnis lebih mudah cari jalan keluarnya. Semakin mudah jalan yang ditempuh maka semakin mudah juga kesuksesan itu didapatkan.

Bahkan, Anda tinggal duduk manis di rumah semua usaha Anda bisa berjalan dengan lancar dengan sistem autopilot.

Bagi Anda yang masih bingung bagaimana membuat perencanaan bisnis yang baik dan benar bisa mengikuti pelatihan. Khususnya Anda yang ingin membuka bisnis dengan perencanaan yang matang bisa mengikuti workshop “Business Autopilot Systemation” yang sangat worth it. Ya, di sini peserta akan dijelaskan semua tentang bagaimana perencanaan bisnis yang baik dan benar.

Selain itu, Anda juga bisa belajar mengenai membuat perencanaan bisnis lewat buku “Business Starting Systemation”, semua hal dalam memulai bisnis dibahas secara mendalam berdasarkan ilmu yang sudah terbukti sukses. Dalam buku ini, Anda juga bisa menemukan jawaban apa pentingnya perencanaan bisnis loh!

Segera daftarkan diri Anda dan dapatkan bukunya melalui Whatsapp yang tersedia di kanan bawah halaman ini.

Ya, memulai bisnis itu modalnya besar sehingga perlu perencanaan yang matang dan tepat. Jika tidak, maka modal yang sangat banyak itu hanya akan berbalik menjadi sebuah kerugian besar. Oleh karena itu, pahami betul pentingnya perencanaan bisnis di atas agar makin siap dalam segala situasi.

Semoga artikel ini dapat menjawab apa pentingnya perencanaan bisnis dan bermanfaat! Bagikan kepada teman-teman yang lainnya agar mereka tau betapa pentingnya perencanaan bisnis!

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 12264

No votes so far! Be the first to rate this post.

facebook
Twitter
Follow
Domo Academy

Related Posts

scroll to top