Penyebab Mobil Matic tidak Bisa Digas

Penyebab Mobil Matic tidak Bisa Digas

Mobil Matic Tidak Bisa Digas merupakan kendaraan mobil yang tidak dapat bergerak atau melaju ketika pedal gas ditekan, kami akan berikan penyebab untuk anda.

Mobil seolah-olah “mati” atau tidak merespon perintah dari saat mengoper gigi.

Kondisi ini bisa terjadi secara tiba-tiba atau bertahap dan tentunya sangat mengganggu serta membahayakan.

Penyebab Mobil Matic tidak Bisa Digas

1. Sistem Bensin Bermasalah

Fuel pump pada mobil matic berfungsi untuk mengalirkan bensin dari tangki ke mesin.

Jika pompa bensin rusak atau lemah, suplai bahan bakar ke mesin akan terganggu sehingga mobil tidak bisa berjalan, hal ini menjadi Penyebab Mobil Matic tidak Bisa Digas.

Ciri-cirinya adalah mesin susah hidup atau mati mendadak saat melaju.

Selain itu injector yang kotor atau rusak, maka pembakaran bensin tidak akan sempurna sehingga tenaga mesin berkurang dan mobil tidak bisa berakselerasi dengan baik.

2. Pengapian Mobil Bermasalah

Busi berfungsi menghasilkan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar, ini menjadi Penyebab Mobil Matic tidak Bisa Digas.

Jika busi kotor, maka percikan api tidak akan kuat sehingga pembakaran tidak sempurna.

Kemudia coil yang mengalami erusakan, maka busi tidak akan mendapatkan tegangan yang cukup untuk menghasilkan percikan api.

3. Gangguan pada Transmisi

Oli transmisi berfungsi melumasi komponen-komponen di dalam transmisi.

Jika oli transmisi kotor, berkurang, atau kualitasnya buruk,maka gesekan akan meningkat sehingga transmisi menjadi sulit berkerja dengan optimal.

Solenoid kotor, Solenoid merupakan komponen elektromagnetik yang mengontrol perpindahan gigi pada transmisi. Jika solenoid kotor, perpindahan gigi tidak akan berjalan dengan lancar.

4. Sensor Rusak

Sensor Throttle Position Sensor berfungsi mengirimkan sinyal ke ECU (Engine Control Unit) mengenai posisi pedal gas.

Jika sensor TPS rusak, ECU tidak akan mendapatkan informasi yang akurat mengenai posisi pedal gas secara optimal

Kemudian erusakan ada sensor oksigen, maka ECU tidak akan dapat mengatur campuran udara dan bahan bakar dengan tepat sehingga pembakaran tidak sempurna.

5. Kerusakan pada Kabel

Kabel yang menghubungkan berbagai komponen pada sistem pengapian, bahan bakar, dan transmisi bisa putus, korsleting, atau mengalami kerusakan.

Hal ini dapat mengganggu aliran listrik dan sinyal sehingga menyebabkan berbagai masalah.

Baca disini: Kursus Mekanik Transmisi Mobil Matic, Raih Kesuksesan

Apakah Anda pernah merasa kesal ketika mobil matic Anda tiba-tiba tidak bisa digas? Namun bingung karena tidak memiliki keahlian untuk memperbaiki.

Domo Academy memberikan pelatihan khusus yang dirancang untuk mempersiapkan Anda menjadi teknisi transmisi mobil matic profesional.

Dengan materi yang komprehensif dan praktek langsung, Anda akan siap menangani berbagai masalah transmisi, termasuk mobil yang tidak bisa digas.

Mengingat permintaan mekanik terus meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi mobil matic.

Dengan mengikuti pelatihan di Domo Academy, Anda tidak hanya mendapatkan pengetahuan mendalam, tetapi juga pengalaman praktis yang berharga.

Dengan bergabung di Domo Academy, Anda akan belajar dari para instruktur berpengalaman yang siap membimbing Anda, hubungi kami sekarang juga.

facebook
Twitter
Follow

Similar Posts